PEDAGANG PASAR TRADISIONAL

Jamin Keamanan Pangan, BBPOM DKI Latih Pedagang Pasar Tradisional

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 09 Mei 2024 | 19:10 WIB
Ilustrasi pedagang pasar (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi pedagang pasar (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Balai Besar Pengawasan Obat Makanan (BBPOM) DKI Jakarta menggelar pelatihan kepada para pedagang di pasar tradisional wilayah Jakarta. 

Kepala BBPOM DKI Jakarta, Sofiyani Chandrawati Anwar menyebut, pelatihan ini sebagai upaya menjamin keamanan pangan bagi masyarakat. 

"Pelatihan ini diikuti puluhan fasilitator dari 12 pasar tradisional yang tersebar di lima wilayah kota untuk menjamin keamanan pangan," ujar Sofiyani dalam keterangannya, Kamis, 9 Mei 2024.

Menurut dia, pelatihan terhadap fasilitator pasar ini sebagai rangkaian tahapan Program Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas. Pelatihan telah dilakukan di 12 pasar tradisional.

"12 pasar tradisional tersebut, yakni Pasar Tomang Barat, Ganefo, Waru, Lenteng Agung, Gembrong Baru, Kedoya, Pos Pengumben, Santa, Tebet Timur, Menteng Pulo, Rawamangun dan Kramat Jati," ungkap dia. 

Lebih jauh, Sofiyani mengungkapkan, pelatihan atau bimbingan teknis (bimtek) ini bertujuan melatih petugas pengelola pasar agar mampu melakukan pengawasan secara mandiri terhadap bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan.

Dia pun berharap pengelola pasar mampu melakukan pengawasan terhadap bahan pangan maupun produk pangan yang diduga berbahaya melalui contoh (sampling) dan pengujian cepat menggunakan 'rapid test kit'. 

"Sehingga petugas pasar bisa secara mandiri melakukan pengawasan keamanan pangan di pasar agar peredaran bahan berbahaya di pasar dapat dikendalikan," kata Sofiyani. sinpo

Komentar: