OLIMPIADE 2024

Gregoria Ditargetkan Jadi Unggulan Delapan

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 11 Mei 2024 | 00:41 WIB
Gregoria Mariska
Gregoria Mariska

SinPo.id -  Seusai kejuaraan beregu Piala Uber 2024 di Chengdu, China, sejumlah pemain bulu tangkis putri Indonesia langsung mempersiapkan diri lantaran mesti melawat ke beberapa negara di Asia Tenggara, guna mengikuti turnamen-turnamen Tur Dunia BWF. Satu di antaranya adalah Gregoria Mariska Tunjung, yang akan menjadikan empat turnamen tersebut sebagai kesempatan untuk meraup poin peringkat.

Pelatih tunggal putri pelatnas bulu tangkis Indonesia Indra Wijaya menyatakan, ia menargetkan Gregoria bisa menjadi unggulan delapan besar pada Olimpiade Paris 2024, 26 Juli-11 Agustus. Tunggal putri andalan Indonesia itu diharapkan dapat mendulang poin pada Thailand Open 2024, Malaysia Masters 2024, Singapura Open 2024, serta Indonesia Open 2024, yang berlangsung selama empat pekan beruntun.

"Setelah itu, ada waktu kosong sekitar sebulan untuk benar-benar fokus pada persiapan Olimpiade," kata Indra di pelatnas PP PBSI, Cipayung, Jakarta, Rabu (8/5).

Saat ini, Gregoria menempati peringkat ke-9 dunia. Menurut laman berita tersebut, jika ingin mencapai target menjadi unggulan delapan besar, pemain kelahiran Wonogiri, Jawa Tengah, tersebut, meski menaikkan peringkatnya minimal pada peringkat delapan teratas seusai Indonesia Open 2024, 4-9 Juni, di Jakarta.

Pada Piala Uber 2024, Gregoria menuntaskan lima pertandingan dengan catatan satu kekalahan. Ia berhasil menundukkan Akane Yamaguchi dari Jepang di fase grup, serta mengalahkan Ratchanok Intanon (Thaland), untuk mengantarkan tim putri Indonesia ke semifinal pertama kejuaraan beregu tersebut dalam 14 tahun terakhir.

Indra merasa gembira dengan perjuangan skuad putri "Merah Putih" serta pencapaian medali perak Piala Uber 2024. Hasil yang didapat adalah buah kerja keras seluruh anggota tim tunggal putri pada masa persiapan. "Di Piala Uber, mereka menunjukkan bahwa tunggal putri Indonesia bisa bersaing dengan negara lain," kata mantan atlet tunggal putra nasional ini.

"Mereka bisa memperlihatkan itu pada kejuaraan-kejuaraan berikutnya," demikian Indra.

Selain Gregoria, tiga tunggal putri Indonesia lainnya turut bersama Gregoria memperkuat Indonesia pada turnamen level BWF World Tour Super 500 Thailand Open 2024, 14-19 Mei. Berdasarkan hasil drawing yang dimuat pada Tournament Software, terdapat nama Putri Kusuma Wardani yang akan berhadapan dengan Chiu Pin-Chian (Taiwan), lalu Ester Nurumi Tri Wardoyo bertemu Ashmita Chaliha (India), serta Komang Ayu Cahya Dewi yang masih menanti lawan dari babak kualifikasi.

Sementara, Gregoria, yang menempati unggulan ketiga, bakal meladeni wakil Taiwan, Liang Ting Yu.sinpo

Komentar: