Butuh Oksigen Tambahan, Bob Wachter: Donald Trump Mengkhawatirkan?

Donald Trump

Oleh: Ria
Rabu, 07 Oktober 2020 | 14:33 WIB
Presiden AS Donald Trump. (Foto:Instagram realdonaldtrump)
Presiden AS Donald Trump. (Foto:Instagram realdonaldtrump)

sinpo, JAKARTA, Sean Conley, dokter yang merawat Donald Trump menyebutkan jika Presiden AS itu mulai mengonsumsi obat steroid dexamethasone (deksametason) pada Sabtu (4/10/2020) lalu. Obat ini bertujuan untuk menurunkan kadar oksigen dalam darah Trump. Obat tersebut mengobati gejala Covid-19 dengan menargetkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan demam, dan meningkatkan energi.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kortikosteroid biasanya diresepkan untuk pasien Covid-19 dalam kondisi berat. Dilansir SehatQ, kortikosteroid adalah kelas obat-obatan yang dikonsumsi untuk meredakan peradangan dalam tubuh. Obat ini juga digunakan untuk melemahkan aktivitas sistem imun seseorang dalam beberapa kondisi medis tertentu.

Obat Apa Itu? Meski kondisi Trump dianggap parah, ia terus mengatakan kesehatannya lebih baik dari sebelumnya. Misalnya saja cuitannya di Twitter kemarin. "Saya merasa lebih baik daripada 20 tahun lalu," twit Trump pada Senin.

Dalam pengamatan Panagis Galiatsatos, MD, seorang dokter di Johns Hopkins Bayview Medical Center, obat dexamethasone memberi Trump rasa sehat yang keliru. "Semua orang yang mengonsumsi steroid merasa sedikit lebih baik," kata Galiatsatos seperti dilansir Business Insider, Selasa (7/10/2020).

"Bahwa steroid membantu menurunkan demam dan lain sebagainya. Jadi tidak heran, orang yang mengonsumsi steroid merasa seperti, 'oh sakit saya sudah hilang'," ujarnya.

Selain euforia yang salah, Galiatsatos mengatakan bahwa dexamethasone memiliki efek samping lain seperti gula darah tinggi, gangguan tidur, dan psikosis. Pasien Covid-19 biasanya menerima 6 miligram steroid yang diminum sekali sehari selama 10 hari. Hal ini seperti yang direkomendasikan ahli berdasar hasil uji klinis di Inggris.

Dexamethason membuat merasa lebih baik meski penyakitnya masih sangat buruk "Kendati Trump merasa lebih baik setelah mengonsumsi steroid, dia memiliki (lebih dari) satu dari lima kemungkinan meninggal karena membutuhkan oksigen tambahan," jelas Bob Wachter, ketua Departemen Kedokteran di Universitas California San Francisco.sinpo

Komentar: