Kembali Beroperasi Normal, KRL Tetap Batasi Penumpang

Laporan: Tisa
Senin, 19 Oktober 2020 | 06:35 WIB
Jadwal dan operasional KRL mulai kembali normal hari ini (Foto: PT KAI)
Jadwal dan operasional KRL mulai kembali normal hari ini (Foto: PT KAI)

sinpo, JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memastikan, operasional kereta rel listrik (KRL) Commuterline akan kembali beroperasi normal mulai hari ini, Senin (19/10/2020).

VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba mengatakan, KRL bakal melayani pengguna sebagaimana sebelum pandemi.

"KRL akan mulai melayani pukul 04.00 WIB, hingga menjelang pukul 24.00 WIB setiap harinya," ujar Anne, Minggu (18/10/2020).

Dengan jam layanan KRL yang kembali normal, lanjutnya, PT KCI akan mengoperasikan 993 perjalanan setiap hari dengan 91 rangkaian kereta. 

"Pembatasan kapasitas penumpang di tiap kereta tidak berubah, yaitu 74 orang per kereta atau sekitar 40% dari kapasitas pengguna KRL," imbuhnya.

Dengan penyesuaian operasional KRL Commuter Line ini, lanjut dia, PT KCI mengajak pengguna KRL dapat mengatur jadwal keberangkatannya.

"Terutama, pada jam sibuk sore hingga malam hari agar terhindar dari kepadatan di dalam kereta maupun stasiun," ucapnya.

Adapun pilihan jadwal keberangkatan yang kembali normal ini, membuat para pengguna memiliki lebih banyak pilihan untuk jadwal keberangkatan.

Oleh sebab itu, ia mengatakan pengguna tidak perlu memaksakan diri masuk ke dalam kereta yang telah penuh, khawatir tertinggal jadwal kereta terakhir. 

Anne menyarankan, informasi jadwal dan kondisi kepadatan di stasiun dapat dilihat melalui aplikasi KRL Access versi terbaru.

Mealui aplikasi ini, tersedia informasi maupun marka-marka jaga jarak aman yang sudah tersedia di seluruh stasiun dan KRL.

"PT KCI mengajak pengguna untuk dapat mengikuti demi menerapkan protokol 3M Secara maksimal, tanpa perlu selalu diingatkan maupun diawasi oleh petugas," tuturnya.

Menurutnya, di masa PSBB transisi kali ini, para pengguna KRL sudah disiplin menerapkan 3M.

Salah satunya, kata dia, para penumpang memahamj penggunaan masker yang efektif untuk mencegah droplet

Selain itu, para pengguna juga sadar pentingnya mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun saat hendak naik KRL maupun sesudah turun dari kereta. 

"PT KCI mengajak pengguna membiasakan cuci tangan dengan telah menyediakan wastafel tambahan di seluruh stasiun yang melayani KRL," katanya.

Dengan jumlah perjalanan KRL yang kembali mencapai 993 perjalanan setiap harinya, PT KCI mengharapkan kerja sama yang lebih baik dari pengguna. 

Selain itu, ia juga mengingatkan para pengguna KRL agar bersiap memasuki musim penghujan dengan membawa perlengkapan tambahan.

"Seperti jas hujan atau payung, dan gunakan sepatu yang tidak licin saat hendak menggunakan KRL," sarannya.sinpo

Komentar: