Jamin Tak Ada Efek Samping, Wapres Ajak Penduduk Lansia Divaksin

Laporan: Tisa
Kamis, 18 Februari 2021 | 12:25 WIB

sinpo, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengajak masyarakat, khususnya kelompok lanjut usia (lansia) agar tidak ragu melakukan vaksinasi COVID-19.

Ia menuturkan, hal ini sebagai upaya bersama untuk mengatasi pandemi virus Corona di Tanah Air yang masih berlangsung hingga kini.

Hal tersebut disampaikannya usai menerima vaksin COVID-19 dosis pertama di Kediaman Resmi Wapres, Jakarta, Rabu (17/02/2021).

Dirinya pun menjamin tidak ada efek samping apa pun yang dirasakannya usai menjalani vaksinasi.

“Alhamdulillah saya sudah divaksin. Tidak sakit, tidak ada rasa pusing, biasa-biasa saja. Oleh karena itu, saya ajak semua yang usianya sudah cukup lanjut untuk melakukan vaksinasi. Ini insyaallah tidak menimbulkan efek apa-apa,” ujarnya.

Sebelumnya, Vaksin CoronaVac keluaran Sinovac yang dipergunakan pada vaksinasi COVID-19 di Indonesia tersebut, telah mendapatkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization) bagi kelompok usia 60 tahun ke atas.

Adapun izin tersebut diberikan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada tanggal 5 Februari silam.

Wapres menyampaikan, untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity diperlukan vaksinasi pada 70 persen dari total penduduk Indonesia.

Oleh sebab itu, lanjutnya, sebelum mencapai herd immunity, vaksinasi masih menjadi kewajiban bagi seluruh masyarakat.

“Menjaga dari pada penyakit itu hukumnya wajib. Itu fardu kifayah, artinya kalau belum tercapai itu (kekebalan komunal), dia belum hilang kewajibannya,” terang eks Ketua Umum MUI ini.

Maka, Wapres mengharapkan masyarakat dapat mendukung pelaksanaan vaksinasi sebagai upaya Pemerintah dalam mewujudkan Indonesia bebas pandemi COVID-19.

“Karena itu, saya mengajak semua untuk bersama-sama supaya kita kebal menghadapi COVID-19. Insyaallah bangsa kita aman dan terbebas dari bahaya COVID-19,” harapnya. sinpo

Komentar: