AHY: KLB di Sumut Tak Sah, Aba-abal

Laporan: Lilis
Jumat, 05 Maret 2021 | 19:08 WIB
Agus Yudhoyono (Dok. Instagram agusyudhoyono)
Agus Yudhoyono (Dok. Instagram agusyudhoyono)

sinpo - Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara ilegal dan inkonstitusional. Sebab tidak sesuai dengan AD/ART Demokrat yang sah.

"Baru saja hari ini, ada Kongres Luas Biasa secara ilegal, inkonstitusional, mengatasnamakan Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara," kata Ahy saat konferensi pers secara daring, Jumat (5/3/2021).

Ia menilai KLB tersebut dilaksanakan atas dasar niat buruk dengan cara buruk pula. Ia pun menegaskan KLB tersebut tidak sah.

"KLB ini jelas tidak sah. Ada yang mengatakan bodong, ada yang katakan abal-abal yang jelas ilegal dan inkonstitusional," kata AHY.

Menurutnya, KLB Sumut tak memiliki dasar hukum. Sebab KLB hanya bisa dilaksanakan 2/3 Ketua DPD dan setengah dari DPC. Termasuk juga harus disetujui Majelis Tinggi Partai Demokrat. KLB Sumut dianggap tak memenuhi syarat tersebut.

"Harusnya 2/3 faktanya seluruh ketua DPD demorkat tidak mengikuti KLB tersebut. Mereka ada di daerah masing-masing," kata AHY.
 sinpo

Komentar: