Ketua DPR RI : DPR Dukung Keamanan Indonesia dari Kejahatan Siber

Oleh: Zainal Abidin Alatas
Jumat, 04 Agustus 2017 | 16:47 WIB
Istimewa
Istimewa

Jakarta, sinpo.id - Riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mencatat pada tahun 2016 pengguna internet di Indonesia mencapai 132,7 juta. Internet Security Threat Report tahun ini mempublikasikan Indonesia menduduki peringkat ke-17 dalam serangan terhadap jaringan internet. 

Meningkatnya pengguna internet yang tinggi adalah salah satu faktor yang menggiurkan bagi berbagai pihak untuk melakukan kejahatan siber atau transnasional. Setya Novanto selaku Ketua DPR RI angkat bicara terkait masalah warga negara Cina dan Taiwan yang melakukan siber terhadap tanah air tercinta kita ini.

“Bahwa DPR RI mendukung penuh upaya pemerintahan Jokowi - JK dalam pengamanan kedaulatan Indonesia dari kejahatan Siber. Selain adanya unit khusus di kepolisian yang menangani masalah kejahatan Siber, lalu dibentuknya Deputi Bidang Intelijen Siber dalam Badan Intelijen Negara merupakan langkah maju dalam dunia spionase kita,” tegasnya. 

Kini, kejahatan Siber Internasional tak hanya menyasar keuntungan ekonomi, melainkan juga keuntungan politik seperti halnya yang banyak terjadi di Timur Tengah. Para sindikat kejahatan siber ini memilih Indonesia, karena peraturan yang mengatur terkait internet service provider masih lemah dan cenderung lebih lenggang dibandingkan negara lain.

“Saya berharap, badan siber dan sandi negara yang akan beroperasi pada september 2017, dapat segera tancap gas sesuai fungsi dan tugasnya. kedaulatan indonesia bukan hanya berada di darat, laut, maupun udara. kita juga harus berdaulat dalam dunia siber," tutupnya.sinpo

Komentar: