Vaksin Covid-19 Berbahan Telur Ayam, Begini Pengembangannya

Laporan: Azhar Ferdian
Rabu, 03 November 2021 | 20:14 WIB
Ilustrasi Vaksin. (Ist)
Ilustrasi Vaksin. (Ist)

SinPo.id - Indonesia melalui Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengembangkan vaksin pasif COVID-19 berbahan telur ayam. Namun, telur ayam ini dihasilkan bukan dari ayam biasa.

Strategic Bussiness Management PT Tekad Mandiri Citra (TMC) Wyanda Arnafia mengatakan, telur ayam yang digunakan untuk pengembangan vaksin ini bukan telur ayam biasa. Namun, dihasilkan dari ayam yang dikembangkan khusus oleh perusahaannya.

"Saat ini memang masih dalam tahap riset, tetapi jika nanti akan dikembangkan secara massal, kita bisa membuat skema agar ayam itu bisa bertelur untuk kebutuhan vaksin ini," ungkapnya, Rabu (3/11/2021).**Baca Juga: Indonesia Kembangkan Vaksin Pasif Covid-19 Dari Telur Ayam.

Menurut peneliti PRTNT Hendris Wongso, vaksin ini akan memberi efek sembuh lebih cepat tanpa menimbulkan keparahan yang menyertai Covid-19. Vaksin ini bersifat seperti obat, sehingga tidak memiliki kemampuan bertahan lama di dalam tubuh.

Selain itu, penelitian ini juga menjadi landasan bagi pengembangan diagnostik dan terapeutik berbasis IgY untuk penyakit infeksi dan kanker di Indonesia. Lebih jauh, teknik nuklir dalam uji praklinis juga dapat diaplikasikan pada berbagai kandidat obat lainnya, selain antibodi IgY,” paparnya.

Hendris berharap, keberhasilan uji praklinis ini dapat bermanfaat untuk pengembangan vaksin pasif di Indonesia. 

“Keberhasilan uji praklinis diharapkan mempercepat penanganan wabah Covid-19 di Indonesia melalui penyediaan vaksin pasif yang dapat menghambat replikasi virus pada orang yang terinfeksi,” tambahnya.sinpo

Komentar: