Wuih! Mata Uang Yuan Digital ?e-CNY? Debut Di Pameran Internasional

Laporan: Samsudin
Selasa, 09 November 2021 | 08:34 WIB
Mata uang Yuan digital atau e-CNY/Xinhua
Mata uang Yuan digital atau e-CNY/Xinhua

SinPo.id - Mata uang fiat digital Tiongkok, atau e-CNY, saat ini digunakan di restoran, stan, dan mesin penjual otomatis (vending machine) untuk pertama kalinya dalam Pameran Impor Internasional China (China International Import Expo/CIIE).

CIIE, yang tahun ini menggelar edisi keempatnya, berhasil menarik hampir 3.000 perusahaan dari 127 negara dan kawasan. Perwakilan dari bisnis-bisnis ini dan para pengunjung lainnya dalam pameran tersebut dapat menggunakan mata uang yuan digital ketika membayar makanan atau membeli suvenir di acara tersebut.

Mengutip Xinhua News, Selasa (9/11), Bank of China memiliki enam stan di lokasi penyelenggaraan CIIE untuk membantu pengunjung yang hendak mendaftar mendapatkan dompet yuan digital, dan sekitar 60 sampai 80 orang datang ke setiap stan untuk mendapatkan bantuan setiap harinya, ujar Chu Yifeng, karyawan bank tersebut.

Di toko suvenir National Exhibition and Convention Center (Shanghai), lokasi penyelenggaraan CIIE, para konsumen bisa mendapatkan diskon "30 off 50" ketika membayar menggunakan e-CNY.

Diskon juga ditawarkan di sejumlah restoran, termasuk Pizza Hut dan KFC. E-CNY merupakan versi digital dari mata uang fiat yang dikeluarkan oleh bank sentral Tiongkok People's Bank of China (PBOC) dan dioperasikan oleh sejumlah operator resmi.

Mata uang itu adalah instrumen pembayaran hybrid berbasis nilai, kuasi-akun, dan akun dengan status tender legal dan tautan akun yang dihubungkan secara bebas.

Pengembangan sistem e-CNY bertujuan untuk menciptakan bentuk baru mata uang renminbi (RMB) yang memenuhi permintaan publik akan uang tunai di era ekonomi digital.

PBOC memulai proyek penelitian dan pengembangan  e-CNY pada akhir 2017.

Hingga 30 Juni 2021, e-CNY telah digunakan dalam lebih dari 1,32 juta skenario, yang mencakup pembayaran utilitas, jasa katering, transportasi, aktivitas belanja, dan layanan pemerintah.sinpo

Komentar: