Berjalan Di Angkasa, Astronot Wanita Pertama China Mulai Lakukan EVA

Laporan: Samsudin
Selasa, 09 November 2021 | 09:11 WIB
Taikonaut Wang Yaping dan rekan menjejakkan kaki di luar angkasa/Xinhua
Taikonaut Wang Yaping dan rekan menjejakkan kaki di luar angkasa/Xinhua

SinPo.id - Taikonaut (sebutan untuk astronaut Tiongkok) Zhai Zhigang dan Wang Yaping keluar dari modul inti stasiun luar angkasa Tiongkok Tianhe pada Minggu (7/11) pukul 20.28 Waktu Beijing atau pukul 19.28 WIB untuk memulai aktivitas di luar pesawat (extravehicular activity/EVA).

Demikian disampaikan Badan Antariksa Berawak Tiongkok (China Manned Space Agency/CMSA), dikutip dari Xinhua News, Selasa (9/11). Zhai membuka pintu palka kabin node Tianhe pada pukul 18.51 waktu setempat.

Ini adalah kedua kalinya Zhai melakukan aktivitas extravehicular, setelah menyelesaikan spacewalk pertama Tiongkok 13 tahun lalu dalam misi Shenzhou-7.

Sementara itu, aktivitas extravehicular Wang menjadikannya astronaut wanita pertama di negara tersebut yang meninggalkan jejak kaki di luar angkasa.

Mengenakan pakaian luar angkasa Feitian generasi baru yang dikembangkan Tiongkok, kedua astronaut melakukan serangkaian tugas extravehicular dengan bantuan lengan mekanik, kata badan tersebut.

Ye Guangfu tetap berada di dalam pesawat untuk mendukung rekan-rekannya dalam menyelesaikan operasi itu.

Tiongkok meluncurkan pesawat antariksa Shenzhou-13 pada 16 Oktober, mengirim tiga taikonaut dalam misi yang berlangsung selama enam bulan untuk membangun stasiun luar angkasanya.sinpo

Komentar: