Terdeteksi Dari Turis Afrika, Hong Kong Wapada Covid-19 Varian Bostwana

  • Oleh:

SinPo.id - Departemen kesehatan Hong Kong mengumumkan telah menemukan adanya dua kasus Covid-19 Varian B.1.1.529 yang ditemukan telah dibawa oleh pelancong asal Afrika Selatan dan Kanada pada Kamis (25/11).

"Informasi ilmiah tentang risiko terhadap kesehatan publik dari garis mutasi Covid-19 baru ini masih kurang. Saat ini, mutasi itu diklasifikasikan oleh WHO sebagai varian dalam pemantauan," ucap Departemen Kesehatan Hong Kong.

Penelitian baru telah menujukan, pada mulanya virus ini dibawa oleh pelancong asal Afrika Selatan yang dimana sang pasien tidak mengganti maskernya, lalu virus tersebut menyebar dan menulari warga asal Kanada yang sama-sama melakukan karantina.

Meskipun belum diketahui daya menular varian baru ini masih, beberapa ilmuwan telah khawatir akan keganasan varian B.1.1.529 dengan mengingat banyaknya jumlah mutasi dibandingkan varian Covid-19 lainnya.

WHO sendiri telah melakukan pertemuan mendadak untuk mengamati varian B.1,1.529 ini. Inggris dan Israel menjadi dua negara yang sudah meningkatkan kewaspadaannya terhadap varian baru Covid ini dengan menyetop sementara penerbangan dari dan ke Afrika Selatan dan beberapa negara tetangganya.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar