4 Kecamatan Dilanda Banjir, BPBD Bima Siagakan Dapur Umum Untuk Layani Warga

Laporan: Samsudin
Senin, 06 Desember 2021 | 19:47 WIB
Salah satu jembatan putus akibat banjir Kota Bima/bnpb
Salah satu jembatan putus akibat banjir Kota Bima/bnpb

SinPo.id - Sejumlah daerah di Kota Bima dilanda banjir setelah hujan lebat mengguyur wilayah tersebut dan berimbas debit air Sungai Jatibaru dan Sungai Kendo meluap, Senin (6/12). Tinggi muka air terpantau berkisar 10 hingga 100 cm. 

Informasinya, sejumlah kelurahan di empat kecamatan kota tersebut dilanda banjir. Yakni Kelurahan Jatibaru Barat, Jatiwangi, Melayu dan Ule (Kecamatan Asakota).

Kemudian, Kelurahan Nae (Rasanae Barat), Kelurahan Ntobo, Kendo, Penanae, dan Penaraga (Raba) serta Kelurahan Penatoi, Lewirato dan Santi (Mpunda). 

Guna penanganan darurat merespons bencana banjir di wilayah tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima melaporkan pihaknya mengevakuasi warga yang terdampak banjir di 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Asakota, Rasanae Barat, Raba dan Mpunda.

“BPBD dibantu personel TNI dan Polri dalam mengevakuasi warga. Saat ini pihak BPBD masih melakukan pendataan warga yang mengungsi sementara waktu,” ungkap Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya.

“Selain evakuasi, dapur umum telah disiagakan untuk melayani kebutuhan makanan warga terdampak atau pun mereka yang mengungsi,” tambahnya. 

Dampak lainnya pada kerusakan sarana dan prasaran berupa 1 unit jembatan putus yang berada di depan terminal Jatibaru. 

Sebelumnya BNPB menginformasikan beberapa wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Barat dilanda bencana hidrometerologi, seperti di Sumbawa, Lombok Barat dan Lombok Timur.

Menyikapi kondisi cuaca ekstrem, pemerintah daerah dan masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Berdasarkan prakiraan cuaca, hujan dengan intensitas sedang berpeluang terjadi di beberapa wilayah yang saat ini terdampak banjir pada esok hari, Selasa (7/12). 

Pada analisis kajian bahaya inaRISK, Kota Bima termasuk wilayah dengan potensi bahaya banjir kategori sedang hingga tinggi. Sebanyak 5 kecamatan yang berada pada bahaya tersebut, termasuk daerah yang saat ini diberitakan terdampak banjir. Kelima kecamatan dengan potensi banjir, antara lain Kecamatan Rasanae Barat, Mpunda, Rasanae Timur, Raba dan Asakota.sinpo

Komentar: