Eropa Episentrum Corona, WHO Imbau Masyarakat Waspadai Dua Varian Ini

Laporan: Samsudin
Sabtu, 18 Desember 2021 | 08:52 WIB
WHO imbau masyarakat Eropa waspada dua varian Corona/net
WHO imbau masyarakat Eropa waspada dua varian Corona/net

SinPo.id - Badan Kesehatan Dunia, (WHO) mengimbau masyarakat untuk tetap waspada selama musim liburan kali ini, mengingat Eropa tengah menghadapi dua galur (strain) virus korona yang sangat menular, yang juga berpotensi menambah beban sistem kesehatan yang sudah kewalahan.

"Kawasan Eropa telah menjadi episentrum pandemi bahkan sebelum munculnya Omicron, dengan melonjaknya kasus varian Delta," kata Hans Kluge, Direktur Regional WHO Eropa, dalam pernyataannya, dilansir dari Xinhua News, Sabtu (18/12).

Menurut WHO Eropa, ancaman yang ditimbulkan oleh COVID-19 sama seriusnya seperti sebelumnya, dengan varian Delta yang sangat menular mendominasi di seluruh kawasan tersebut dan varian Omicron menyebar cepat dengan konsekuensi yang belum dapat dipastikan.

Kluge mengatakan bahwa pengalaman telah menunjukkan bahwa "kewaspadaan" efektif di samping "instrumen yang kita miliki saat ini", seperti vaksin, suntikan booster, pengujian, masker, dan jaga jarak fisik, yang terbukti menjadi "penstabil" dan cukup untuk "membantu kita mengatasi virus itu dan menjaga masyarakat tetap aman."

"Kita menempuh perjalanan panjang sejak tahun lalu. Kita telah melihat contoh-contoh solidaritas yang menginspirasi. Kita tahu apa yang berhasil. Kita tahu bagaimana menjaga diri sendiri dan orang lain agar tetap aman. Munculnya Omicron tidak mengubah hal itu. WHO Eropa terus melakukan kontak rutin dengan para ahli di seluruh kawasan dan akan membagikan informasi lebih lanjut segera setelah tersedia."

Kluge juga menyinggung soal meningkatnya informasi keliru seputar varian Omicron di kawasan Eropa. Dia mengimbau masyarakat untuk "mencari sumber informasi yang dapat dipercaya yang memberikan saran berdasarkan bukti dan konsensus ilmiah terbaru."sinpo

Komentar: