Naik Jet Pribadi Ke Muktamar NU, Gus Yahya: Ada Yang Pinjamin Masa Ditolak ?

Laporan: Ari Harahap
Rabu, 22 Desember 2021 | 11:00 WIB
Gus Yahya/ Twitter @abu_abros
Gus Yahya/ Twitter @abu_abros

SinPo.id - Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) akan resmi dibuka hari ini, Rabu (22/12) di Lapangan Pondok Pesantren Darussaadah, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah.

Muktamar NU tak lepas menjadi sorotan publik. Salah satu tokoh yang menjadi sorotan adalan KH. Yahya Cholil Staquf atau yang akrab disapa Gus Yahya.

Beredar di jagad maya media Twitter, Gus Yahya terlihat sudah sampai di lokasi kegiatan Muktamar NU. Dalam unggahan tersebut Gus Yahya tampak menggunakan private jet.

"Syukurlah Muktamar NU ke-34 besok akan berjalan lancar. Terlihat KH. Yahya Cholil Staquf sudah berjalan ke lokasi Muktamar menggunakan private jet. Hati-hati di jalan Kyai, semoga selamat sampai tujuan," tulis akun twitter mazzini_gsp dikutip SinPo.id, Rabu (22/12).

Sontak kendaraan yang digunakan Gus Yahya menuju lokasi Muktamar yaitu private jet menjadi sorotan publik di Twitter.

"Kyai lagaknya kayak konglomerat," kata salah satu warganet.

"Kalo baca komenan nya. Yang muktamar NU. yang ribut ribut orang di luar NU," ujar warganet lainnya.

"Sponsor private jet nya siapa nih bang?" tanya warganet.

"Bang, blio berjalan menggunakan payung. Bukan pakai jet, yamana bisa pakai jet ke tenda abaaang," gurau warganet.

Diketahui, Muktamar Nahdlatul Ulama ke-34 hari ini akan digelar di Lampung. Sejumlah persiapan dan peserta pun sebelumnya sudah tiba di lokasi acara.

Dan pada Rabu (22/12) ini, Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo bertolak ke Provinsi Lampung untuk membuka secara langsung Muktamar ke-34 itu.

Kepala Negara bersama rombongan lepas landas melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta sekitar pukul 07.00 WIB dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Tampak Presiden mengenakan pakaian jas berwarna abu-abu yang dipadukan dengan sarung berwarna hijau dalam kunjungan kerjanya kali ini.

Jawaban Gus Yahya

Terkait jet pribadi, Gus Yahya secara terbuka mengakui bahwa orang yang terlihat dalam foto itu memang dirinya. Ia membenarkan bahwa pergi dari Jakarta ke Lampung dengan menggunakan jet pribadi.

Menurut Gus Yahya dirinya memilih naik jet lantaran sibuk dan tidak bisa mengurus tiket penerbangan reguler ke lokasi Muktamar.

“Itu karena disibukkan oleh banyak urusan sehingga kami telat mengurus tiket dan tidak dapat tiket penerbangan reguler ke Lampung pada hari itu,” ujar Gus Yahya didampingi Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul, saat konferensi pers di Hotel Novotel Bandar Lampung dilansir, Selasa (21/12)

Lebih lanjut, Gus Yahya menyatakan bahwa kondisi mendesak menjadi alasan untuk pergi lokasi Muktamar dengan menggunakan jet pribadi milik Ketua PBNU bidang Ekonomi bernama Umarsyah.

Salah satu alasan mendesak untuk dirinya harus segera ke lokasi Muktamar yaitu lantaran peserta yang sudah mulai berdatangan sejak Senin (20/12).

“Saya harus ketemu mereka,” kata Gus Yahya dalam konferensi pers yang didampingi Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Adapun jet pribadi yang mengantarkannya ke Lampung merupakan milik Umarsyah yang meminjamkannya kepada Gus Yahya.

Umarsyah diketahui meruoakan Ketua Tim Swasembada Nasional Jagung PBNU.

"Ada yang mau minjemin, masa’ ditolak,” paparnya.

sinpo

Komentar: