Lagi, KPK Periksa Eks Pejabat Pemkot Banjar Terkait Dugaan Korupsi Di Dinas PUPR

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 22 Desember 2021 | 10:45 WIB
KPK kembali panggil eks pejabat Pemkot Banjar/net
KPK kembali panggil eks pejabat Pemkot Banjar/net

SinPo.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemanggilan kepada empat mantan pejabat pemerintahan kota Banjar, mereka diperiksa sebagai saksi untuk perkara Tindak Pidana Korupsi (TPK) suap terkait proyek pada dinas PUPR kota Banjar.

"Hari ini pemeriksaan saksi untuk perkara TPK suap terkait proyek pada dinas PUPR kota Banjar," kata Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri di Jakarta, Rabu (22/12).

Ali menjelaskan, keempat saksi tersebut yaitu, Asno Sutarno, selaku mantan Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan, Pertamanan, Pemakaman dan Lingkungan Hidup (dkpplh) Kota Banjar Tahun 2012, kemudian H. Yoyo Suharyono selaku mantan Kadis Dinas Cipta Karya, Kebersihan, Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (dcktlh) Kota Banjar Tahun 2013.

Kemudian Eri Kuswara Wardhana selaku mantan Kabid Tata Ruang Dinas Cipta Karya, Kebersihan, Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (dcktlh) Kota Banjar Tahun 2013 dan terakhir Dwi yanti Estiningrum selaku mantan Kabid Lingkungan Hidup Dinas Cipta Karya, Kebersihan, Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (dcktlh) Kota Banjar Tahun 2013.

"Pemeriksaan dilakukan di Kantor KPK RI, jl. Kuningan Persada Kav. 4, Setia Budi Jakarta Selata," ucap Ali.

Namun Ali tidak menjelaskan lebih rinci perihal pertanyaan apa yang akan digali dari pemanggilan saksi tersebut. Sejauh ini tim penyidik KPK masih mengumpulkan bukti dan memeriksa sejumlah saksi terkait kasus ini.

Diketahui, KPK tengah melakukan penyidikan terkait adanya dugaan Tindak Pidana Korupsi (TPK) pada proyek pekerjaan infrastruktur di Dinas PUPR Kota Banjar.

Dalam perkara ini, KPK telah menggeledah sekitar tujuh lokasi di Kota Banjar, diantaranya rumah Kepala Dinas PUPR Kota Banjar yang di Ciamis, serta dua rumah milik para pihak yang mengetahui perkara kasus turut digeledah.

Dua lokasi lainnya yang digeledah KPK adalah Rumah Pendopo Wali Kota Banjar dan Kantor Dinas PUPR Kota Banjar.sinpo

Komentar: