AS Akan Cabut Pembatasan Perjalanan Dari 8 Negara Afrika Mulai Akhir Tahun Ini

Laporan: Samsudin
Minggu, 26 Desember 2021 | 08:45 WIB
AS cabut pembatasan perjalanan dari 8 Negara Afrika
AS cabut pembatasan perjalanan dari 8 Negara Afrika

SinPo.id - Amerika Serikat (AS) akan mencabut pembatasan perjalanan terkait COVID terhadap delapan negara Afrika bagian selatan pada 31 Desember, demikian diumumkan Gedung Putih pada Jumat (24/12).

"Pada 31 Desember, (Presiden Joe Biden) akan mencabut pembatasan perjalanan sementara terhadap negara-negara Afrika bagian selatan. Dan keputusan itu didasarkan pada rekomendasi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC),” kata Asisten Sekretaris Pers Gedung Putih Kevin Munoz di Twitter.

Diumumkan pada 29 November lalu, larangan perjalanan tersebut mencegah warga non-AS memasuki AS jika mereka telah melakukan perjalanan ke Afrika Selatan, Botswana, Zimbabwe, Namibia, Lesotho, Eswatini, Mozambik, atau Malawi dalam waktu 14 hari sebelum jadwal kedatangan mereka di AS.

Munoz mengatakan pembatasan itu "memberi mereka waktu untuk memahami" virus corona varian Omicron yang sangat menular, yang pertama kali muncul di Afrika bagian selatan dan tak lama kemudian menyebar ke seluruh dunia, yang kini mencakup lebih dari 70 persen kasus baru di AS, menurut data CDC.

“Melakukan vaksinasi penuh dan menerima dosis penguat (booster) masih menjadi cara yang efektif untuk melawan Omicron,” tuturnya.

 sinpo

Komentar: