Ngeri! Kasus Harian Covid-19 Di Prancis Capai 100 Ribu

Laporan: Samsudin
Minggu, 26 Desember 2021 | 10:25 WIB
Kasus Covid-19 di Prancis makin mengkhawatirkan/reuters
Kasus Covid-19 di Prancis makin mengkhawatirkan/reuters

SinPo.id - Kasus Covid-19 di Prancis makin mengkhawatirkan. Pada Sabtu (25/12), negara tersebut melaporkan adanya jumlah infeksi harian yang mencapai 100 Ribu kasus.

Jumlah kasus itu menjadi yang tertinggi selama tiga hari berturut-turut di tengah kekhawatiran atas penyebaran cepat varian Omicron.

Prancis melaporkan rekor tertinggi 104.611 infeksi COVID-19 pada hari Sabtu, melampaui rekor 100 ribu kasus untuk pertama kalinya sejak pandemi dimulai.

Dengan meningkatnya kasus Covid-19, Presiden Emmanuel Macron dan anggota kunci pemerintahan rencanannya dalam waktu dekat ini akan membahas langkah-langkah antisipasi terbaru. Sementara para pejabat negara tersebut juga khawatir tentang efek penyebaran cepat varian Omicron.

Pada Jumat, kemarin, otoritas kesehatan setempat merekomendasikan orang dewasa menerima suntikan booster tiga bulan setelah vaksinasi awal mereka.

Sekarang pemerintah sedang bergerak untuk membuat izin kesehatan yang dikeluarkan untuk divaksinasi hanya berlaku jika orang menerima suntikan booster.

Langkah pencegahan lainnya, Prancis mewajibkan adanya kartu Pass jika warga ingin nongkrong di kafe, restoran, ruang publik maupun untuk perjalanan internasional.

Beberapa daerah telah memberlakukan langkah-langkah keamanan mereka sendiri.

Pada akhir bulan lalu, misalnya, pejabat di Savoie, sebuah departemen di tenggara Prancis, memperkenalkan kembali wajib memakai masker, tidak hanya di ruang publik dalam ruangan, tetapi juga di luar ruangan — sebuah langkah yang baru saja diadopsi di negara tetangga Italia.

Angka terakhir menandai kenaikan dramatis sejak awal bulan: pada tanggal 4 Desember, angka tersebut menembus 50.000 untuk pertama kalinya sebelum akhirnya terus meningkat.

Sejak awal pandemi, Prancis telah mencatat 122.546 kematian akibat virus corona. Sejauh ini, 76,5 persen penduduk sudah divaksinasi lengkap.sinpo

Komentar: