Habib Kribo: Bahar Smith Sudah Benar Ditangkap, Jangan Ada Pengkultusan Habib

Laporan: Samsudin
Kamis, 06 Januari 2022 | 13:38 WIB
Habib Kribo (kanan) berdebat dengan Haikal Hassan/net
Habib Kribo (kanan) berdebat dengan Haikal Hassan/net

SinPo.id - Habib Zen Assegaf alias Habib Kribo masih menjadi perbincangan hangat warganet hingga Kamis (6/1) ini. Nama Habib Krino menduduki puncak trending Twitter Indonesia.

Hal itu dipicu aksi debat panasnya dengan Haikal Hassan saat tampil dalam acara catatan demokrasi TV One yang membahas proses hukum yang menjerat Habib Bahar bin Smith. 

Dalam tayangan siaran tv seperti dilihat dalam berbagai pendek di media sosial, Habib Kribo nampak tegas membicarakan Bahar Smith dan Habib Rizieq Shihab.

Dia menilai, pengkultusan habib di kalangan masyarakat dianggap salah besar. Ia juga menilai, langkah Polri mempproses hukum Bahar bin Smith sudah tepat karena sosok yang baru ditetapkan sebagai tersangka dugaan penyebaran bohong itu sangat berbahaya buat keutuhan NKRI.

Menurutnya, gerakan yang dilakukan Habib Bahar dan Habib Rizieq tak terlepas dari politik. Pengikut mereka, menurut Habib Kribo, dimanfaatkan untuk segelintir orang untuk meraih kekuasaan.

"Gerakan ini bukan islami dan diturunkan oleh Bahar ini. Dia kan sering mengklaim atas nama habib, jadi Bahar dan Rizieq ini tidak bisa dilepaskan dari etnisnya. Kalau bukan habib, gak ada yang ikut. Habib-habib ini dijadikan jargon oleh orang-orang badut politik untuk kekuasaan," katanya tegas.

Zen Assegaf menyebut proses hukum terhadap penceramah berambut panjang pirang itu sudah tepat. Dia menambahkan, gerakan yang dilakukan Bahar Smith bisa mengancam persatuan.

"Bahar ini bahaya. Untuk NKRI ini bahaya. Dia menggiring orang. Orang awam disuruh ikut," kata Habib Kribo.

"Enggak usah habib didewa-dewakan, semua sama saja. Ini ada kultus-kultus yang salah. Kenapa bahaya Bahar ini, karena orang awam ikut. Nanti dibumbuin enggak dapat syafaat," katanya.

sinpo

Komentar: