Cak Nanto Ke Ferdinand Hutahaean! Stress Boleh Tapi Jangan Lemah Akal..

Laporan: Ari Harahap
Kamis, 06 Januari 2022 | 13:04 WIB
Sunanto atau Cak Nanto/net
Sunanto atau Cak Nanto/net

SinPo.id - Cuitan Feedinand Hutahaean yang bernada kebencian dinilai telah menghina batin masyarakat Indonesia khususnya bagi Muslim. Maka, sangat wajar jika hal ini mengundang kontroversi sekaligus kemarahan publik.

Demikian disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Sunanto kepada wartawan, Kamis (6/1).

"Maka sudah sepantasnya jika Ferdinand diadukan ke polisi agar ditindak sesuai prosedur hukum. Bila perlu kami juga akan turut melaporkan Ferdinand," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Cak Nanto itu menjelaskan, meskipun Ferdinand berkilah bahwa cuitannya merupakan dialog imajiner, kenyataannya itu telah merendahkan Tuhan agama lain.

"Menurut saya bukan hanya memancing kemarahan kami sebagai orang Islam, tetapi saya yakin semua penganut agama manapun akan terusik dan marah karena penghinaan tersebut," kata Cak Nanto.

"Ferdinand stress, down bolehlah, tapi jangan lemah akal. Sebagai 'publik figur', harusnya sadar bahwa dia tidak berdiri di ruang kosong," lanjutnya.

Cak Nanto berpesan kepada Ferdinand agar tangan dan mulutnya tidak mendahului akalnya itu sendiri.

"Pernyataan Ferdinand sungguh telah mengoyakan tatanan harmonisasi kebinekaan yang menjadi spirit dalam berbangsa dan bernegara," tegasnya.

Cak Nanto menambahkan, kasus yang menjerat Ferdinand Hutahaean ini harus jadi pelajaran bagi siapapun untuk mengolah rasa tanggung jawab terhadap sesama, khususnya soal toleransi di tengah kemajemukan bangsa.

"Saya berharap polisi dapat bertindak tegas agar tidak menjadi kusut dan berlarut yang bisa menimbulkan kegaduhan di masyarakat," tandasnya.sinpo

Komentar: