Jenderal Dudung Lanjutkan Safari Ke Sejumlah Pondok Pesantren

Laporan: Ari Harahap
Jumat, 04 Februari 2022 | 15:50 WIB
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman saat safari ke salah satu Ponpes/SinPo.id
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman saat safari ke salah satu Ponpes/SinPo.id

SinPo.id - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menggelar rangkaian kunjungan kerja (kunker) di wilayah Kodam V/Brawijaya.

Dalam rangkaian kunkernya itu, Dudung melakukan silaturahim dengan Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Anwarut Taufiq Malang dan Yayasan Ponpes Darullughah Wadda’wah, Pasuruan.

Silaturahim Dudung tersebut dianggap sebagai bentuk kedekatan hubungan emosional dengan para tokoh agama.

Tiba di Ponpes Anwarut Taufik Malang, Dudung langsung disambut oleh Habib Achmad Jamal Bin Toha Ba'agil yang merupakan Pimpinan Ponpes.

Habib Jamal menyampaikan terima kasih atas kunjungan Kasad tersebut. Menurutnya, kunjungan itu sebagai bentuk silaturahim antara ulama dan umaro.

Dia mengatakan ulama dan umaro masing-masing memiliki tugas yang berbeda. Namun, tujuannya tetap sama yaitu untuk kemakmuran bangsa Indonesia.

"Hubungan umaro dan ulama digambarkan bahwa untuk urusan keamanan negara, TNI yang memberi masukan kepada ulama dan sebaliknya untuk masalah akhidah Ulama yang memberi masukan kepada TNI," ujar Habib Jamal.

"Hubungan keduanya tidak dapat terpisahkan untuk kesejahteraan umat," tegasnya.

Lebih lanjut, saat tiba di Yayasan Ponpes Darullughah Wadda’wah, Pasuruan Dudung disambut dengan penampilan tari saman dari para santri. Suasana sambutan terasa sangat hangat dan penuh kekeluargaan dari Habib Zen sebagai pimpinan Ponpes.sinpo

Komentar: