Waduh?Kok Bisa Sih Wakil Walikota Tegal Masuk Daftar Penerima Bansos?

Laporan: Samsudin
Selasa, 22 Februari 2022 | 16:08 WIB
Wakil Walikota Tegal, Jumadi/net
Wakil Walikota Tegal, Jumadi/net

SinPo.id - Nama Wakil Walikota Tegal, Jumadi bikin heboh paska tercantum dalam daftar penerima manfaat bantuan sosial (bansos) Kementerian Sosial (Kemensos). Masuknya Jumadi dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos RI itu bisa dilihat laman cekbansos.kemensos.go.id.

Pada laman tersebut Jumadi terdaftar di alamat Kelurahan Mangkukusuman, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Jumadi saat dikonfirmasi awak media tak menampik namanya masuk sebagai penerima Bansos. Namun Jumadi mengaku heran mengapa namanya bisa masuk.

Menyikapi hal itu, Jumadi berusaha menganulir dengan meminta klarifikasi dari Dinas Sosial setempat.

"Semalam saya cek di aplikasi memang betul saya terdaftar di sana, saya salah satu yang akan mendapatkan bantuan DTKS," kata Jumadi di Balai Kota Tegal, kemarin.

Jumadi yang tinggal di rumah dinas dan ber-KTP Kelurahan Mangkukusuman, Tegal Timur, mengaku sebelumnya tidak pernah didata apalagi mengusulkan.

"Saya tidak pernah didata, tidak ada seorang pun yang mendata saya untuk masuk ke DTKS," tegas Jumadi.

Namun Jumadi menyebut kesalahan input data bisa saja terjadi. Baik di tingkat petugas yang mengusulkan, maupun kesalahan sistem.

"Pertama menurut saya bisa manusianya atau human error, kedua sistem. Itu saja menurut saya, mungkin ada salah input, atau ya sistemnya salah," kata Jumadi.

"Ini menjadi koreksi untuk kita semuanya. Menjalankan pemerintahan itu good government-nya harus benar-benar, terutama dalam masalah kemiskinan. Ini penting saya sampaikan," demikian Jumadi.sinpo

Komentar: