Siapa Sosok Nonpartai Yang Akan Pimpin IKN Nusantara? Direktur IPR: Hanya Jokowi Yang Tahu

Laporan: Ari Harahap
Selasa, 22 Februari 2022 | 16:12 WIB
Direktur IPR Ujang Komarudin/net
Direktur IPR Ujang Komarudin/net

SinPo.id - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dan eks Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dipastikan tidak akan dipilih Presiden Jokowi menjadi Kepala Otorita IKN.

Hal itu terungkap usai Jokowi menegaskan bahwa pejabat setingkat menteri tersebut akan diisi oleh seseorang yang berasal dari non parpol.

"(Kepala Otorita IKN) dari non parpol," ujar Jokowi kepada wartawan usai menghadiri peresmian Nasdem Tower di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (22/2).

Ketiganya sempat disebut-sebut sebagai kandidat terkuat untuk menjadi Kepala Otorita IKN Nusantara setelah Presiden Jokowi menyebut ingin menunjuk sosok dengan latar belakang arsitek dan pernah menjadi kepala daerah.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengungkapkan sosok yang akan memimpin Kepala Otorita IKN hanya diketahui oleh Jokowi sendiri.

Karena menurutnya, penunjukan Kepala Otorita IKN itu merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

"Belum tahu. Hanya Jokowi yang tahu (Kepala Otorita IKN)," kata Ujang Komarudin saat dihubungi SinPo.id, Selasa (22/2).

Namun, Dia menyambut baik rencana Presiden Jokowi untuk tidak memilih seseorang dari non partai tersebut. Dia menilai apa yang akan dilakukan Jokowi itu sudah benar.

"Agar juga kerja dari kepala otorita tersebut tidak diganggu oleh kader-kader dan pimpinan partai," ujarnya.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) itu menilai jika Kepala Otorita IKN Nusantara dari seseorang yang terikat dengan salah satu partai. Maka, ia khawatir Kepala Otorita IKN nantinya akan menghamba kepada Ketua Umum Partai.

"Dan itu akan merepotkan Jokowi," tegas Ujang.sinpo

Komentar: