Saiful Mujani: Capres Independen Harusnya Boleh!

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 12 Mei 2022 | 15:34 WIB
Istana Kepresidenan/net
Istana Kepresidenan/net

SinPo.id -  Ilmuwan Politik, Saiful Mujani menjelaskan bahwa dalam pemilihan kepala daerah (pilkada), calon independen dibolehkan.

Pasalnya, konstitusi menyatakan bahwa gubernur, walikota, dan bupati dipilih secara demokratis. Tidak ada kata-kata diajukan oleh partai.

Hal ini dikatakan oleh ilmuan politik, Saiful Mujani, pada program ‘Bedah Politik bersama Saiful Mujani’ episode “Calon Presiden Tanpa Ambang Batas?” yang tayang di kanal YouTube SMRC TV pada Kamis (12/5).

"Sementara untuk presiden, konstitusi menyebut secara spesifik harus diajukan oleh partai politik. Fakta bahwa pilkada membolehkan calon independen, pada pilpres harusnya lebih boleh lagi," kata Saiful Mujani.

Menurut Saiful, hirarki atau tingkat pentingnya mestinya pada pemilihan presiden lebih tinggi dibanding pada pemilihan kepala daerah.

"Mestinya inklusivitas pemilihan presiden lebih kuat dibanding pilkada hingga punya legitimasi demokratik lebih kuat. Kenyataannya tidak. Di situ ada persoalan dalam konstitusi kita," kata Saiful Mujani.

“Okelah sebagai sebuah kompromi, calon presiden diajukan oleh partai politik, tapi jangan dengan ambang batas 20 persen, dong,” tegasnya.

Menurut Saiful, karena tidak ada aturan yang eksplisit di konstitusi tentang keharusan threshold, calon presiden cukup diajukan oleh partai politik, yakni partai manapun yang diakui oleh negara, yang terdaftar di Menkumham.

"Bahkan partai-partai yang tidak lolos ke Senayan pun seharusnya punya hak untuk mencalonkan seseorang jadi presiden seperti di negara-negara lain yang menganut sistem presidensial yang normal," kata dia.

Menurutnya, Indonesia menganut sistem presidensialisme, tapi didikte oleh parlemen atau partai politik. Dalam sistem presidensial seperti yang dianut Indonesia atau Amerika Serikat, eksistensi presiden itu independen dari parlemen sejak ia menjadi calon.

"Tidak boleh tunduk pada parlemen. Presiden seperti parlemen secara langsung bertumpu pada rakyat, dipilih langsung oleh rakyat, mendapat mandat langsung dari rakyat," tegas dia.sinpo

Komentar: