Kapolda Metro Pimpin Sertijab 28 Kapolsek Termasuk 8 Polwan Cantik, Berikut Daftarnya

Laporan: Samsudin
Selasa, 24 Mei 2022 | 15:45 WIB
Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadi Imran melantik 28 Kapolsek/net
Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadi Imran melantik 28 Kapolsek/net

SinPo.id - Prosesi serah terima jabatan (Sertijab) Kapolsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya untuk pertamakalinya dipimpin Kapolda. Padahal biasanya, sertijab setingkat Kapolsek dilaksanakan di Mapolres dan dipimpin oleh Kapolres di wilayahnya masing-masing.

Pada Selasa (24/5), Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran melantik 28 Kapolsek di wilayah hukum pimpinannya. Sebanyak delapan di antaranya merupakan seorang polisi wanita (Polwan).

Fadil mengaku senang dapat memimpin langsung Sertijab para Kapolsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Terlebih beberapa di antaranya dijabat oleh seorang polisi wanita (Polwan).

"Jika ada yang bertanya ngapain Kapolda mengambil alih ini, saya jawab, saya memastikan bahwa ujung tombak saya seirama dengan apa yang ada di dalam isi kepala saya," ujar Fadil di Mapolda Metro Jaya.

Terkait penunjukan 8 Polwan jadi Kapolsek, Fadil mengatakan, hal itu merupakan bentuk komitmennya untuk membentuk kesetaraan gender di lingkup Polda Metro Jaya.

Fadil menilai, seorang perempuan juga memiliki kemampuan untuk memimpin seperti laki-laki. Atas dasar itu, dia pun menempatkan sejumlah Polwan di Polsek yang sebelumnya hanya dijabat oleh polisi laki-laki.

Dia mencontohkan, Polsek Menteng dan Penjaringan yang kini dijabat oleh Polwan.

"Perempuan memiliki sensitivitas yang tinggi, perempuan memiliki jiwa anti kekerasan yang tinggi. Perempuan lebih sensitif terhadap kekerasan dan kejahatan seksual," ungkap Fadil.

"Perempuan lebih bisa dan lebih tajam dalam melakukan langkah-langkah pencegahan. Soft, buktikan itu. Dan bagi saya Polwan dan polisi laki-laki semua adalah setara," tegasnya.

Berikut 8 Polwan yang dilantik sebagai Kapolsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

1. Kapolsek Cisauk dijabat AKP Syabillah Putri Ramadhani

2. Kapolsek Menteng dijabat Kompol Netty Rosdiana Siagian

3. Kapolsek Cimanggis dijabat Kompol SITI Fatimah Said Martandu

4. Kapolsek Cakung dijabat Kompol Syarifah Chaira Sukma

 5. Kapolsek Penjaringan dijabat Kompol Ratna Quratul Aini

6. Kapolsek Cinere dijabat Kompol Jun Nurhaida Tampubolon

7. Kapolsek Sunda Kelapa dijabat Kompol Riza Sativa

8. Kapolsek Tajur Halang dijabat Iptu Tamar Bekti Widiasih Jalmi.sinpo

Komentar: