Survei LSI Denny JA: Elektabilitas Pak Bowo Unggul Jauh Dari Ganjar Dan Anies Baswedan

Laporan: Sinpo
Rabu, 15 Juni 2022 | 13:22 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto/dok.kemhan
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto/dok.kemhan

SinPo.id - Lembaga survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA kembali merilis survey terbarunya. Hasilnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merupakan calon yang memiliki elektabilitas tertinggi pada Pilpres 2024.

Peneliti LSI Ardian Sopa menjelaskan Prabowo Subianto memiliki elektabilitas 28,9 persen. Pak Bowo unggul cukup jauh dari Ganjar Pranowo yang berada di posisi kedua dengan elektabilitas 23,5 persen.

Namun, Ganjar diketahui saat ini tak menguasai partai dan jabatan gubernur akan selesai pada 2023 mendatang.

"Jika ia menjadi calon Presiden PDIP dan terpilih sebagai presiden, Ganjar potensial menjadi Ketum PDIP menjadi Megawati," jelas Ardian Sopa dalam konferensi persnya, kemarin.

Sementara di posisi selanjutnya, yakni Anies Baswedan dengan elektabilitas sebesar 14,6 persen.

"Sesungguh pun elektabilitasnya nomor 3, Anies tidak menguasai partai dan jabatan gubernur DKI akan selesai Oktober 2022," tambah dia.

Muncul juga nama lain dalam survei tersebut untuk menjadi capres dan cawapres yakni Agus Harimurti Yudhoyono, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, dan Muhaimin Iskandar. 

Survei ini dilakukan pada 24 Mei-7 Juni 2022, menggunakan 1.200 responden di 34 provinsi. Wawancara dilaksanakan secara tatap muka. Margin of error survei ini adalah +/- 2,9  persen. Jajak pendapat ini juga menggunakan riset kualitatif (analisis media dan indepth interview), untuk memperkuat temuan dan analisis.sinpo

Komentar: