Khusus Pulau Jawa, Beli Pertalite Wajib Pakai MyPertamina Mulai 1 September

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 03 Juli 2022 | 10:27 WIB
Ilustrasi/net
Ilustrasi/net

SinPo.id -  Pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina mulai diterapkan di seluruh Pulau Jawa pada 1 September 2022.

Dalam keterangannya, Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra, mengatakan untuk tahap implementasi wave gelombang I terlebih dahulu dilakukan uji coba di 11 wilayah.

Uji coba di 11 wilayah tersebut mencakup Provinsi Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat dan Yogyakarta yaitu Kota Bukit Tinggi, Kab. Agam, Kota Padang Panjang, Kab. Tanah Datar, Kota Banjarmasin, Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kab. Ciamis, Kota Manado dan Kota Yogyakarta.

"Lalu, dilanjutkan ke wave II yang mencakup seluruh Pulau Jawa," kata dia.

Pendaftaran tahap awal ini diberlakukan di beberapa kota/kabupaten yang tersebar di lima provinsi, yakni Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

Kemudian akan dilanjutkan dengan pendaftaran tahap kedua khusus untuk seluruh Pulau Jawa, Palu, Pontianak, dan Mataram yang dimulai pada Agustus 2022. Adapun pendaftaran secara nasional akan dimulai September 2022.

Adapun untuk wave III akan diimplementasikan secara nasional. Namun, belum diketahui kapan waktunya.

Untuk diketahui, mulai 1 Juli 2022, pengguna kendaraan bermotor harus mendaftar terlebih dahulu sebelum membeli BBM jenis Pertalite dan Solar dengan MyPertamina.

Pengguna kendaraan bermotor bisa melakukan pendaftaran lewat website MyPertamina, yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/yang dibuka pada 1 Juli 2022.

Kebijakan ini diberlakukan dengan tujuan agar penyaluran BBM subsidi tepat sasaran.sinpo

Komentar: