Lagi, Serangan Rudal Rusia Tewaskan 6 Warga Sipil Ukraina

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 19 Juli 2022 | 16:35 WIB
Rudal Rusia/Arctic Today
Rudal Rusia/Arctic Today

SinPo.id -  Rusia kembali lancarkan serangan rudal untuk memborbardir tempat perlindungan di kota timur Toretsk, mengakibatkan tewasnya enam warga sipil Ukraina pada Senin 18 Juli 2022 kemarin.

"Kota Toretsk diserang sejak dini hari. Sebuah bangunan berlantai dua yang menampung warga hancur saat rudal menghantamnya," ujar Layanan Darurat Negara Ukraina dalam pernyataannya di Facebook, seperti dilansir VoA, Selasa 19 Juli 2022.

Dalam pernyataan tersebut, tim penyelamat yang mengevakuasi korban menyatakan menemukan lima mayat di puing-puing gedung itu dan menarik tiga orang keluar dari sana dalam kondisi hidup, tetapi satu orang di antaranya kemudian meninggal di rumah sakit.

Sebelumnya, Rusia menyatakan tidak akan menargetkan warga sipil dalam perang. Namun faktanya, Rusia telah membombardir banyak situs non-militer dalam serangannya selama hampir lima bulan, yang mengakibatkan tewasnya ratusan orang.

Terkait hal ini, Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell mengatakan akan melakukan kesepakatan dengan Rusia untuk mengakhiri blokadenya terhadap pelabuhan Ukraina di Odesa. Karena banyak warga sipil yang bergantung pada kesepakatan itu di tengah krisis pangan yang melanda Ukraina.

“Ini bukan permainan diplomatik. Ini adalah masalah hidup dan mati bagi banyak manusia,” kata Josep.sinpo

Komentar: