Pansus Pengelolaan Air Minum Siap Benahi Masalah Air Bersih di Jakarta

Laporan: Zikri Maulana
Kamis, 21 Juli 2022 | 10:16 WIB
Ilustrasi air bersih (Pixabay)
Ilustrasi air bersih (Pixabay)

SinPo.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta menyatakan siap menghimpun masalah yang terjadi pada pengelolaan air bersih di Ibu Kota.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pengelolaan Air Minum DPRD DKI Jakarta, Pandapotan Sinaga mengatakan, pokok permasalahan utama yakni adendum kerjasama swastanisasi Perumda Air Minum (PAM) Jaya dengan pihak Aetra Air Jakarta yang menimbulkan pro kontra. 

“Dimana ada dugaan mengakibatkan kerugian keuangan negara hingga mencapai triliunan rupiah,” kata Pandapotan dalam keterangan tertulisnya, dikutip, Kamis, 21 Juli 2022.

Pandapotan menyampaikan, persoalan krisis air bersih yang sering terjadi dialami warga Muara Angke, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Serta minimnya air bersih di Rusunami Jakarta Barat.

“Ini yang mau kita cari solusi dan persoalannya dimana. Kita sangat malu, masa di Ibu Kota Negara air tidak terlayani dengan baik,” tegasnya.

Pandapotan mengaku pihaknya akan segera menggelar sejumlah rapat kerja fisik secara marathon dengan PAM Jaya, serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) teknis yang beririsan langsung dengan permasalahan ini.

“Karena saya ingat bahwa pernah terjadilah kerjasama dengan pihak ketiga yang menjamin air minum bisa sampai keseluruh rumah warga, tapi nyatanya belum terealisasi,” tandasnya.sinpo

Komentar: