Survei ASRC: Pasangan Ketum Parpol dengan Tokoh Non Parpol Paling Ideal

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 21 Juli 2022 | 09:37 WIB
Ilustrasi parpol (Ist)
Ilustrasi parpol (Ist)

SinPo.id - Peneliti Akar Rumput Stratejik Consulting (ARSC) Bagus Balghi menyebut berdasarkan temuan survei, masyarakat menilai pasangan ideal Capres-Cawapres 2024 adalah kombinasi Ketua Umum (Ketum) Partai dengan tokoh populer non partai. Sebab, kondisi ini bisa dimaknai masyarakat berharap ada titik tengah dan penguatan demokrasi menuju Pemilh 2024.

"Sebanyak 65,1 persen responden berharap kombinasi ideal ini dapat terwujud," kata Bagus dalam keterangan tertulis, Rabu, 20 Juli 2022.

Bagus menuturkan alasan masyarakat menilai jika kombinasi pasangan Ketum partai dengan tokoh populer non partai ideal. Karena akan menjadi representasi pentingnya dukungan otoritas partai dan dukungan masyarakat.

"Ini menggambarkan fenomena harapan masyarakat menuju Pemilu 2024. Karena kepentingan masyarakat melalui tokoh populer non partai dan kepentingan partai politik melalui tokoh Ketum akan masing-masing terakomodir," pungkasnya.

Survei berlangsung pada 21 Juni hingga 5 Juli 2022 melalui wawancara telepon menggunakan kuesioner terstruktur. Survei ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi dan sikap masyarakat terhadap isu-isu aktual terkait dengan kinerja pemerintahan dan kontestasi menuju Pemilu 2024.

Pada pelaksanaannya, survei mengambil sampel  1.225 responden, terbagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih (penduduk usia dewasa) yang tercatat pada Pemilu 2019. Sampel ditentukan dengan acak bertingkat (Multistage random sampling), dengan Margin of error sekitar 2,8% dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) 95%.

 sinpo

Komentar: