Rusia Akan Usulkan Jadwal Pembahasan Pertukaran Tahanan dengan Menlu AS

Laporan: Tri Bowo Santoso
Sabtu, 30 Juli 2022 | 01:13 WIB
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov. Foto: AP Poto/Mary Altaffer.
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov. Foto: AP Poto/Mary Altaffer.

SinPo.id - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Jumat, 29 Juli 2022, mengatakan, Moskow akan segera mengusulkan waktu untuk pembicaraan lewat telepon dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken guna membahas pertukaran tahanan.

Sebelumnya, Blinken mengatakan dia ingin membahas pertukaran para tahanan yang ditahan di penjara-penjara Rusia dan AS.

Dilansir dari Antara, Blinken mengatakan pada Rabu, 27 Juli 2022 bahwa Washington telah membuat "tawaran substansial" untuk membebaskan bintang bola basket AS Brittney Griner dan mantan Marinir Paul Whelan. Keduanya ditahan di Rusia.

Sebuah sumber mengatakan bahwa Washington bersedia menukar dua warga AS itu dengan terhukum penyelundup senjata, Viktor Bout, yang dipenjara di Amerika Serikat, sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran tahanan.

Lavrov mengatakan pada konferensi pers bahwa pembicaraan tentang pertukaran tahanan telah berlangsung sejak pertemuan puncak di Jenewa tahun lalu antara Presiden Vladimir Putin dan Joe Biden.

Dia mengatakan usulan waktu untuk pembicaraan jarak jauh dengan Blinken sedang dirancang dan dia akan mendengarkan apa yang dikatakan timpalannya dari AS itu.

 sinpo

Komentar: