AS: Pentolan Al Qaeda Ayman Al-Zawahiri Tewas Dalam Serangan Di Afghanistan

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 02 Agustus 2022 | 11:25 WIB
Ayman Al-Zawahiri (kanan) bersama Osama Bin Laden/Reuters
Ayman Al-Zawahiri (kanan) bersama Osama Bin Laden/Reuters

SinPo.id -  Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mengatakan bahwa pemimpin Al Qaeda, Ayman al-Zawahiri, tewas dalam serangan AS di Afghanistan.

"Amerika Serikat melakukan serangan pesawat tak berawak di ibukota Afghanistan, Kabul, pada Minggu pagi pukul 06:18 waktu setempat," kata seorang pejabat pemerintah AS, seperti dilansir sari Reuters, Selasa 2 Agustus 2022.

Pasalnya, Zawahiri, yang merupakan seorang ahli bedah Mesir tersebut, dianggap turut serta membantu mengkoordinasikan serangan 11 September 2001, yang menewaskan 3.000 orang.

"Sekarang keadilan telah ditegakkan, dan pemimpin teroris ini tidak ada lagi. Kami tidak pernah mundur," kata Biden dalam sambutannya di Gedung Putih.

Pihaknya juga yakin, bahwa orang yang tewas dalam serangan itu merupakan Zawahiri dan tidak ada korban lainnya.

"Zawahiri terus menimbulkan ancaman aktif bagi masyarakat, kepentingan, dan keamanan nasional AS. Kematiannya memberikan pukulan signifikan bagi Al Qaeda dan akan menurunkan kemampuan kelompok itu untuk beroperasi," imbuh seorang pejabat pemerintah.

Seperti diketahui, Zawahiri menggantikan Osama bin Laden sebagai pemimpin Al Qaeda setelah Osama tewas pada tahun 2011. Sebelum menjadi pemimpin, Zawahiri merupakan organisator dan ahli stratehi perang.

Zawahiri juga telah berkali-kali dikabarkan meninggal dunia, namun tetap kembali muncul dalam sebuah video. Bahkan desas-desus mengatakan bahwa kondisi kesehatannya kian memburuk selama beberapa tahun terakhir.sinpo

Komentar: