Rusia Disebut Jadi Dalang Kematian Vadatursky

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 02 Agustus 2022 | 11:21 WIB
Vadatursky/AP
Vadatursky/AP

SinPo.id -  Penasihat Presiden Ukraina, Mykhailo Podolyak, mengatakan bahwa kematian Oleksiy Vadatursky bukanlah kecelakaan, melainkan secara khusus menjadi target Rusia.

"Itu bukan kecelakaan, tetapi pembunuhan berencana yang dipikirkan dengan matang dan terorganisir," kata Podolyak, seperti dilansir dari VoA, Selasa 2 Agustus 2022.

Pasalnya, Vadatursky merupakan pemilik perusahaan pertanian Nibulon, penghasil dan pengekspor biji-bijian terbesar di Ukraina.

"Vadatursky adalah salah satu orang terkaya di Ukraina, orang penting di kawasan itu dan seorang pengusaha besar. Itu adalah sasaran yang tepat bagi Rusia," tuturnya.

Pihaknya juga memaparkan bahwa rudal yang menghantam rumah Vadatursky memang sengaja diarahkan ke sejumlah titik tertentu, agar tepat sasaran.

"Roket tidak hanya menghantam rumah, tetapi juga menghancurkan bagian rumah tertentu, seperti kamar tidur. Artinya, sudah tidak dapat diragukan lagi bahwa militer Rusia sengaja mengarahkan dan menyesuaikan serangan," ungkap Podolyak.

Seperti diketahui, agribisnis Vadatursky, yakni Nibulon, mencakup armada kapal untuk mengirim biji-bijian ke luar negeri. Salah satu pengekspor gandum terbesar di Ukraina.

Namun, Vadatursky, dan istrinya Raisa, tewas dalam serang rudal Rusia yang menghantam kediamannya di kota pelabuhan utama, Mykolaiv. Kejadian itu dilaporkan langsung oleh Walikota Mykolaiv, Vitaliy Kim.sinpo

Komentar: