Menkeu: SDA Berperan Penting dalam Pemulihan Ekonomi Akibat Pandemi

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 03 Agustus 2022 | 16:46 WIB
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Foto: Tangkapan layar
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Foto: Tangkapan layar

SinPo.id - Sumber Daya Alam (SDA) memiliki peran yang sangat penting untuk pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, mengatakan, pemerintah masih terus mengawal pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang telah menyebabkan tingkat kemiskinan meningkat.

"Dalam situasi harga komoditas yang melonjak, sumbangan dan kontribusi SDA terhadap penerimaan negara sangat penting dan diandalkan,” kata Sri Mulyani, dalam webinar Digitalisasi Sebagai Sarana Pencegahan Korupsi, Rabu 3 Agustus 2022.

Pihaknya juga menegaskan bahwa menciptakan kesempatan kerja dapat memulihkan pertumbuhan ekonomi. Karena banyak masyarakat yang kehilangan pendapatan selama hampir tiga tahun masa pandemi.

"Dampak pandemi sangat berpengaruh dan membuat masyarakat mengalami shock yang luar biasa. Kita perlu memulihkan kembali agar kemiskinan menurun," tuturnya.

Selain itu, realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) SDA semester I 2022 telah mencapai Rp114,6 triliun, dan diperkirakan akan melampaui target APBN, karena didorong oleh ekspor SDA.

"Kita memproyeksikan PNBP dari SDA pada 2022 ini akan melampaui realisasi tahun lalu dan juga melampaui dari target yang ditetapkan oleh APBN," pungkasnya.

 sinpo

Komentar: