Zelensky Kecam Laporan Amnesty International Terkait Militer Ukraina Telah Bahayakan Warga Sipil

Laporan: Tri Bowo Santoso
Sabtu, 06 Agustus 2022 | 06:51 WIB
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky. Foto: Istimewa
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky. Foto: Istimewa

SinPo.id - Presiden Volodymyr Zelensky mengecam laporan Amnesty International yang menuduh pasukan Ukraina telah membahayakan warga sipil dan melanggar hukum internasional.

“Tidak mungkin, bahkan secara hipotetis, kondisi apa pun di mana setiap serangan Rusia ke Ukraina dapat dibenarkan. Agresi terhadap negara kita tidak beralasan, invasif dan secara terbuka teroris,” kata Zelensky, seperti dimuat Anadolu Agency.

Zelensky menyebut laporan Amnesty International  itu manipulatif dan ikut bertanggung jawab atas banyaknya korban yang berjatuhan.

Dalam sebuah laporan pada Kamis, 4 Agustus 2022, Amnesty International menyebut pasukan Ukraina telah membahayakan warga sipil dengan mendirikan pangkalan di daerah perumahan di 19 kota besar dan kecil.

Setelah melakukan penyelidikan selama empat bulan, Amnesty International juga menemukan bahwa militer Ukraina telah mendirikan pangkalan di sekolah dan rumah sakit. Mereka juga melancarkan serangan dari kawasan berpenduduk yang melanggar hukum humaniter internasional.

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) memperkirakan, setidaknya 5.237 warga sipil telah tewas dan 7.035 terluka di Ukraina sejak awal perang pada 24 Februari. Sekitar 10 juta orang juga telah mengungsi ke negara tetangga. 

 sinpo

Komentar: