Dewan Pers SinPo

Ingin Jalankan Puasa Tasu'a dan Asyura? Begini Niatnya

Laporan: Sinpo
Minggu, 07 Agustus 2022 | 01:46 WIB
Ilustrasi ibadah puasa (SinPo.id/Pixabay)
Ilustrasi ibadah puasa (SinPo.id/Pixabay)

SinPo.id - Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang dimuliakan dalam agama Islam. Bahkan bulan pertama dalam kalender hijriyah ini juga kerap disebut bulannya Allah SWT.

Sebagai salah satu bulan mulia, tentunya ibadah istimewa yang bisa dilakukan oleh umat Islam. Salah satunya adalah puasa Muharram yang termasuk di dalamnya Puasa Tasu’a dan Asyura.

Pada tahun 1444 H ini, umat Islam di Indonesia bisa melaksanakan puasa Tasu’a pada 9 Muharram pada Minggu, 7 Agustus 2022. Sementara untuk puasa Asyura dilaksanakan pada 10 Muharram atau Senin 8 Agustus 2022.

Bagi yang ingin melaksanakan ibadah puasa Tasu'a dan Asyura, ini bacaan niatnya, seperti disitat dari laman NU Online.

Niat puasa Tasu’a “Nawaitu shauma Tasu’a lillahi ta’ala". Bila diartikan dalam Bahasa Indonesia yaitu, “saya niat puasa Tasu’a karena Allah ta’ala".

Sementara untuk niat puasa Asyura adalah “Nawaitu shauma ghadin‘an ada’i sunnatil asyura lillahi ta’ala".  Dalam bahasa Indonesia artinya yaitu “saya berniat puasa sunnah Asyura esok hari karena Allah ta’ala."

Keistimewaan bulan Muharram juga tertatat dalam sejumlah hadis, salah satunya hadis riwayat Muslim.

Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, yaitu Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam. (HR Muslim)sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
"Prabowo Harus Jadi Presiden"
"Mas Bowo harus jadi presiden, kali ini harus jadi dan harus menang."
Mantan Danjen Kopassus, Jenderal (Purn) Subagyo HS
BERITATERPOPULER