Empat Tips untuk Kamu yang Susah Tidur

Laporan: Zikri Maulana
Senin, 15 Agustus 2022 | 21:27 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

SinPo.id - Kesulitan untuk dapat tidur di waktu malam hari tentu berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Pasalnya, waktu tidur di malam hari tidak dapat digantikan dengan tidur di pagi atau di siang hari.

Kendati seseorang tidur dengan waktu yang cukup pada siang hari, tentu tidak akan mampu menyamai kualitas tidur di waktu malam hari. Sebab, banyak peristiwa biologis yang terjadi pada tubuh di waktu malam.

Selain itu, kualitas tidur yang baik adalah salah satu kunci kesehatan fisik dan psikis. Maka dari itu, penting membiasakan tidur sebelum jam 10 malam. 

Dilansir dari Halodoc, berikut ini cara untuk membuatmu lebih cepat tidur dan menjauhi dampak negatif dari kurang tidur.

1. Gunakan Wewangian yang Membuatmu Nyaman

Gunakan wewangian yang menenangkan pikiran di kamarmu seperti essential oil atau lilin aromaterapi. Lakukan juga stretching singkat yang bisa membuat tidurmu menjadi lebih nyenyak. 

2. Hindari Paparan Cahaya

Di malam harinya, hindari blue light sebelum tidur. Yang termasuk dalam kategori blue light adalah cahaya yang berasal dari ponselmu, komputer, TV, dan alat elektronik lainnya. Lampu yang berasal dari gadget ini membuat mata dan otakmu terus terjaga. 

3. Rutin Berolahraga

Dalam aktivitas harian, selipkan waktu 30 sampai 60 menit setiap harinya untuk berolahraga. Dengan aktif di siang harinya, tubuhmu mendapatkan sinyal yang membedakan kapan waktunya kamu bangun dan tidur. Efek olahraga sebelum tidur untuk beberapa orang mungkin justru akan membuat mereka terjaga. Kalau kamu termasuk salah satunya, pilihlah waktu olahraga di pagi hari.

4. Hindari Makanan Tertentu Sebelum Tidur

Selain itu, pola makan yang baik juga bisa membantumu mengatasi masalah tidur, lho! Hindari makan makanan yang tinggi karbohidrat atau gula setelah makan malam. Kalau kamu lapar setelah makan malam, pilihlah camilan yang dapat membuat gula darahmu lebih stabil seperti sayuran, yoghurt, atau kacang-kacangan.

Ingat juga untuk menjauhi kafein setelah jam 2 atau 3 siang. Tambahkan suplemen magnesium sejam sebelum tidur bila perlu dan jadikan omega-3 bagian dari suplemen harianmu untuk merelaksasi otot.

 sinpo

Komentar: