Kasus Pertama Cacar Monyet Ditemukan di Indonesia

Laporan: Glen
Minggu, 21 Agustus 2022 | 08:32 WIB
Ilustrasi cacar monyet. Foto: Istimewa
Ilustrasi cacar monyet. Foto: Istimewa

SinPo.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengumumkan kasus pertama cacar monyet di Indonesia. Pasien cacar monyet pertama di Indonesia ini ditemukan di DKI Jakarta.

“Hari ini, pasiennya ada yang satu terkonfirmasi dari DKI Jakarta, seorang laki-laki, umur 27 tahun,” kata Juru bicara Kementerian Kesehatan Muhammad Syahril dalam konferensi pers daring yang digelar Sabtu 20 Agustus 2022.

Pasien penderita cacar monyet itu diketahui setelah melakukan tes PCR. Hasilnya positif terpapar cacar monyet.

Sementara itu, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) melalui Satgas Monkeypox meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik.

"PB IDI melalui Satgas Monkeypox atau Clades PB IDI meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik, sesuai arahan Kementerian Kesehatan RI," tulis PB IDI dalam keterangan tertulisnya.

PB IDI terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan setempat, serta IDI Wilayah dan IDI Cabang mengenai kewaspadaan penyakit ini.

"Kami meminta tim medis dan tenaga kesehatan untuk tetap waspada dan segera melaporkan pada Dinas Kesehatan setempat apabila ditemukan pasien dengan gejala mirip cacar monyet, supaya bisa segera ditangani dan ditindaklanjuti," ujar Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi.

Sementara, Ketua Satgas Monkeypox atau Clades PB IDI Hanny Nilasari mengingatkan, meski sudah ada kelonggaran kegiatan di berbagai tempat, masyarakat tetap perlu mempertahankan protokol kesehatan secara ketat, serta lebih aktif menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Bagi yang merasa bergejala dapat segera berobat menemui dokter terdekat," pungkas Hanny.

 sinpo

Komentar: