Pilot Tertidur, Pesawat Ethiopian Airlines Gagal Mendarat

Laporan: Sinpo
Minggu, 21 Agustus 2022 | 09:27 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

SinPo.id - Pesawat Ethiopian Airlines dengan kode penerbangan ET343 yang terbang dari Sudan gagal mendarat ke Ethiopia, lantaran dua pilotnya tertidur.

Insiden itu terjadi pada Senin, 15 Agustus 2022 waktu setempat, ketika pesawat Boeing 737-800 itu sedang melakukan perjalanan dari Khartoum ke Addis Ababa.

Tidak diketahui dengan jelas jumlah penumpang dalam pesawat saat insiden itu terjadi.

Aviation Herald melaporkan, Air Traffic Controller (ATC) mencoba menghubungi pilot beberapa kali, namun tidak mendapatkan tanggapan.

Ketika pesawat melewati titik pendaratan, autopilot terlepas dan alarm menyala sehingga membangunkan dua pilot tersebut.

Setelah bangun, pilot mengarahkan pesawat kembali ke Bandara Internasional Addis Ababa Bole. Pesawat mendarat dengan selamat 25 menit kemudian.

Ethiopian Airlines tidak mengkonfirmasi terkait  pilotnya yang tertidur saat menjalankan tugas. Tetapi dalam pernyataan pada Jumat, 19 Agustus 2022, maskapai mengatakan pesawat kehilangan komunikasi sementara dengan ATC.

"Awak yang bersangkutan telah dikeluarkan dari operasi sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut," kata Ethiopian Airlines.

"Tindakan korektif yang tepat akan diambil berdasarkan hasil investigasi. Keselamatan selalu, dan akan terus menjadi, prioritas utama kami," tambahnya.

Kelelahan pilot bukan hal yang baru. Studi yang dilakukan Frontiers menunjukkan, kelelahan pilot maskapai komersial dalam penerbangan tercatat 68-91 persen.

 sinpo

Komentar: