Sadis, KKB Bakar Truk Proyek Pembangunan Puskesmas Bidiba di Paniai Papua

Laporan: Tri Bowo Santoso
Minggu, 21 Agustus 2022 | 09:52 WIB
KKB bakar truk milik PT Putra Dewa Paniai yang digunakan untuk proyek pembangunan Puskesmas Bidiba, Kabupaten Paniai, Papua. Foto: Tangkapan layar
KKB bakar truk milik PT Putra Dewa Paniai yang digunakan untuk proyek pembangunan Puskesmas Bidiba, Kabupaten Paniai, Papua. Foto: Tangkapan layar

SinPo.id - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) telah membakar satu unit truk milik PT Putra Dewa Paniai yang digunakan untuk proyek pembangunan Puskesmas Bidiba, Kabupaten Paniai, Papua. Insiden itu terjadi di Distrik Bidiba, Kabupaten Paniai, Papua, Jumat, 19 Agustus 2022, pukul 00.20 WIT.

Tak ada korban jiwa dalam insiden pembakaran truk tersebut.

"Saksi melihat sekelompok KKB yang mendatangi proyek Puskesmas Bidiba langsung melakukan pembakaran terhadap satu unit truk yang diketahui milik PT Putra Dewa Paniai," kata Kombes Ahmad Musthofa Kamal, Sabtu, 20 Agustus 2022.

Ahmad mengatakan, kepolisian telah memintai keterangan beberapa saksi untuk mengungkap kasus itu.

"Pihak Polres Paniai telah melakukan pemanggilan terhadap Kepala Kampung, beberapa saksi, dan juga pengawas perusahaan yang menangani proyek Puskesmas Bibida," imbuhnya.

Ahmad menduga, aksi ini dilakukan oleh KKB pimpinan Stefanus Kobogau dan Ayun Waker.

Keduanya merupakan anggota KKB Komando Daerah Pertahanan (Kodap) VIII Kemabu, Kabupaten Intan Jaya.

"Untuk motif pembakaran tersebut diketahui bahwa adanya pembicaraan antara pihak perusahaan dengan kelompok tersebut yang membahas tentang uang keamanan, namun tidak terealisasi hingga saat ini," pungkasnya.

Sebelumnya, sehari jelang HUT Ke-77 RI, Selasa 16 Agustus 2022 pagi, KKB membakar sejumlah rumah warga dan fasilitas umum di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Tercatat gedung barak Dinas Pemuda dan Olahraga terbakar serta beberapa honai (rumah warga) tak luput dari kemarahan KKB.

Aparat saat ini sedang melakukan pendataan mengenai jumlah honai dan fasilitas yang rusak akibat dibakar KKB.

Aparat keamanan juga melakukan penyisiran untuk mengusir KKB keluar dari wilayah tersebut.

 sinpo

Komentar: