ICPW Minta Dirlantas PMJ Tindak Aksi Balap Liar di Sunter

Laporan: Bayu Primanda
Senin, 22 Agustus 2022 | 14:03 WIB
Ilustrasi balap liar/istock
Ilustrasi balap liar/istock

SinPo.id -  Aksi balap motor liar yang kerap dilakukan hampir setiap hari mulai pukul 02.00-04.00 Wib di Jln Raya Danau Sunter Selatan Tanjung Priok Jakarta Utara dikeluhkan masyarakat sekitar.

Salah satu warga perumahan diwilayah setempat yang lokasinya tidak jauh dari tempat balap liar mengatakan kalau dirinya sangat terganggu dengan suara bising yang kerap terdengar hampir disetiap harinya.

Ia berharap agar pihak kepolisian dapat menindak tegas aksi balap motor liar tersebut, karena jelas- jelas sangat membuat resah serta tidak nyaman dirinya dan juga masyarakat sekitar.

Pihak kepolisian baik dari Polres, Satlantas maupun Polsek terlihat kurang serius dalam menangani aksi yang dikeluhkan warga tersebut. Terbukti saat ditanyakan mengenai hal itu, responnya agak lambat, banyak ngeluhnya, dan terlihat bungkam.

Menanggapi itu, Ketua Presidium Indonesian Civilian Police Watch (ICPW) Bambang Suranto menyebut, jika pihak kepolisian diwilayah sudah agak lambat dalam meresponi hal itu, agar Dirlantas PMJ Kombes Lafief Usman dapat untuk menindaklanjutinya.

"Agar Dirlantas turun tangan untuk tindak aksi balap liar yang meresahkan warga itu," kata Bambang, Senin, 22 Agustus 2022.

Bambang pun menilai dengan masih maraknya aksi balap liar tersebut, Program Kapolda yang kemaren di gaungkan yaitu mengadakan lomba balap liar (Street Race) tidaklah efektif antara mau dan tak mau. Malah lebih terkesan ke mencari keuntungan di program tersebut.

"Kapolda harus fokus menjalaninya kalau mengeluarkan kebijakan- kebijakan, jangan anget- anget kuku. Kasian masyarakat," bebernya.

Kemudian, terhadap anggota kepolisian yang kurang sigap merespon keluhan masyarakat, para Pimpinannya kata Bambang, harus segera mengevaluasi anggotanya agar citra Polri yang presisi tidak tercoreng dan tetap dipercaya masyarakat.

"Kalau ada anggota yang seperti itu harus di evaluasi kinerjanya," ungkap Bambang.sinpo

Komentar: