Menparekraf Targetkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara Tembus 7,4 Juta Tahun 2023

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 23 Agustus 2022 | 00:19 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. Foto: Tangkapan layar
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. Foto: Tangkapan layar

SinPo.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menargetkan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di tahun 2023 mendatang, dapat tembus hingga 3,5 juta sampai 7,4 juta.

"Jadi kalau targetnya pada tahun ini 1,8 juta sampai 3,8 juta maka tahun depan kita lipat gandakan," kata Sandiaga, dalam acara 'The Weekly Brief with Sandi Uno' secara virtual, Senin 22 Agustus 2022.

Menurutnya, sektor pariwisata di Indonesia mulai kembali mengalami pertumbuhan, karena kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada Juli 2022 semakin meningkat.

"Kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia melalui pintu masuk utama mencapai 345.440, kurang lebih naik tajam sekitar 1.973,96 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu," paparnya.

Peningkatan jumlah wisatawan mancanegara tersebut juga diiringi dengan meningkatnya hunian kamar atau okupansi hotel, yang rata-rata sudah mencapai 50 persen.

"Alhamdulillah pelaku parekraf dan wisatawan sekarang tinggal lebih lama dan berbelanja juga lebih banyak, dan permintaan untuk remote work juga semakin meningkat," kata Sandiaga menambahkan.

Selain itu, pihaknya juga menyatakan bahwa konsep personalize, customize, localize, dan smaller in size yang juga disertai dengan penerapan protokol kesehatan ketat, telah mendorong pemulihan ekonomi di sektor pariwisata.

 sinpo

Komentar: