Ekonomi Indonesia Diklaim Tumbuh Lebih Cepat Dibanding Negara Lain

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 23 Agustus 2022 | 13:17 WIB
Menkeu Sri Mulyani saat berbicara di rapat Paripurna di DPR RI/SinPo.id/Galuh Ratnatika
Menkeu Sri Mulyani saat berbicara di rapat Paripurna di DPR RI/SinPo.id/Galuh Ratnatika

SinPo.id -  Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan sejumlah negara lain, bahkan melampaui level periode pra pandemi meskipun dalam situasi tidak pasti.

"Hal ini perlu dicatat, mengingat masih banyak negara yang hingga tahun ini perekonomiannya belum mampu kembali ke level sebelum pandemi," kata Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa 23 Agustus 2022.

Negara-negara yang dimaksud yakni Thailand, Filipina, Malaysia, Meksiko, Jerman, Perancis Italia dan sejumlah negara lainnya yang masih dalam proses pemulihan ekonomi.

"Pertumbuhan ekonomi dan tingkat PDB perkapura Indonesia dihitung dalam nominal, berhasil naik 8,6 persen dari 57,3 juta rupiah per kapita pada tahun 2020 akibat pandemi kembali menjadi 62,2 juta rupiah perkapita pada 2021," papar Sri Mulyani.

Menurutnya, trend pemulihan ekonomi Indonesia pada tahun 2021 juga diiringi dengan perbaikan seluruh indikator kesejahteraan masyarakat, karena adanya perbaikan ekonomi dan program perlindungan sosial.

"Itu berhasil menurunkan kembali angka kemiskinan ke level single digit yaitu 9,71 persen per September 2021, setelah sebelumnya melonjak di tengah awal pandemi yaitu pada level 10,19 persen pada bulan September 2020," ungkapnya.

Pasalnya, aktivitas ekonomi juga semakin menguat, dan berhasil menyerap 2,6 juta orang angkatan kerja baru pada kurun waktu antara Agustus 2020 hingga Agustus 2021.

"Dengan demikian tingkat pengangguran terbuka turun kembali dari 7,07 persen pada Agustus 2020 menjadi 6,49 persen pada Agustus tahun 2021, karena APBN juga berperan penting dalam menjaga kualitas sumber daya manusia," imbuhnya.sinpo

Komentar: