Menag Minta Jajarannya Kawal Peningkatan Belanja Produk Dalam Negeri

Laporan: Sinpo
Sabtu, 27 Agustus 2022 | 06:47 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas (SinPo.id/Instagram)
Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas (SinPo.id/Instagram)

SinPo.id - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kembali mengingatkan jajarannya untuk memprioritaskan belanja produk dalam negeri. Hal ini disampaikannya saat bertemu pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN), Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, dan pimpinan satuan kerja lainnya.

"Bapak dan Ibu sebagai Kepala Satuan Kerja sekaligus Kuasa Pengguna Anggaran mengawal betul pemenuhan belanja produk dalam negeri," kata Yaqut dalam rakor pemanfaatan produk dalam negeri, Jumat 26 Agustus 2022.

Yaqut instruksikan seluruh Kepala Satuan Kerja sebagai Kuasa Pengguna Anggaran untuk memerintahkan para Pejabat Pembuat Komitmen dan operator SIRUP mereview kembali belanja barang dan jasa pada aplikasi SIRUP.

"Apakah sudah memenuhi P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri) atau belum," katanya.

Apabila belum, kata Yaqut, segera perbaiki agar memenuhi syarat PDN. Memang perlu keseriusan, kedisiplinan, dan kemauan dalam implementasi P3DN.

"Ini menjadi kunci kesuksesan P3DN," ucapnya.

Lebih jauh Yaqut meminta seluruh paket pengadaan barang/jasa melalui Pengadaan Langsung atau Penunjukan Langsung wajib diinput diaplikasi SIRUP. Baik itu pengadaan yang sudah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan.

"Saya minta review belanja barang/jasa pada aplikasi SIRUP selesai dalam 1 minggu ke depan. Saya akan pantau terus perkembangannya sampai memenuhi target yang telah kita tetapkan," tegasnya.sinpo

Komentar: