Dewan Pers SinPo

Soal Pemilu 2024, Kapolri: Persatuan di Atas Segalanya

Oleh: Ardi
Minggu, 28 Agustus 2022 | 10:30 WIB
Ilustrasi Kirab Merah Putih (Istimewa)
Ilustrasi Kirab Merah Putih (Istimewa)

SinPo.id -  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan tidak boleh terjadi polarisasi di Pemilu 2024. Menurut dia, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di atas segalanya. 

"Harus terus kita ingatkan siapa pun pemimpinnya, maka persatuan kesatuan berada di atas segalanya. Sehingga, polarisasi yang pernah terjadi di tahun 2019, di tahun 2024 ini tidak boleh terjadi lagi," kata Listyo Sigit Prabowo dalam acara Kirab Merah Putih, di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu 28 Agustus 2022.

Selain menghadapi Pemilu 2024, Indonesia juga akan mencapai bonus demografi pada 2030. Untuk itu, mantan Kapolda Banten itu menekankan perlunya semangat persatuan dan kesatuan oleh seluruh elemen bangsa guna memanfaatkan bonus demografi.

"Kita kobarkan, untuk wujudkan tujuan nasional kita, melanjutkan visi misi Indonesia Emas di tahun 2045," tuturnya.

Untuk diketahui, Dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI, lintas elemen menggelar Kirab Merah Putih. Kirab Merah Putih digelar di di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, pada Minggu 28 Agustus 2022 pukul 07.00 hingga 09.00 WIB. 

Acara ini digelar sebagai wujud untuk menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Nantinya ada kegiatan pembentangan bendera merah putih dan kirab dari Silang Monas hingga Bundaran HI.

Acara Kirab Merah Putih ini rencananya akan dihadiri oleh Presiden Indonesia Joko Widodo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Ulama karismatik Habib Luthfi bin Ali bin Yahya.

"Acara ini juga akan dihadiri oleh puluhan ribu orang dari berbagai macam elemen masyarakat," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jakarta, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Nantinya terdapat beberapa rangkaian kegiatan selama acara itu berlangsung mulai dari, parade kirab merah putih, pawai, doa lintas agama, tausiah kebangsaan, sambutan, pembacaan ikrar, hingga hiburan. Serta, akan diisi dengan berbagai macam kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia

"Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya, beraneka ragam suku bangsa, memiliki ribuan bahasa, tapi perbedaan bukanlah suatu halangan, untuk terus menjunjung persatuan, hal itulah yang menjadi semangat lintas elemen menggelar kegiatan kirab merah putih ini," tambahnyasinpo

Komentar: