IMF Bakal Cairkan Dana Rp 17 Triliun untuk Bantu Pakistan

Laporan: Sinpo
Selasa, 30 Agustus 2022 | 21:36 WIB
Gedung IMF. Foto: Istimewa
Gedung IMF. Foto: Istimewa

SinPo.id - International Monetary Fund (IMF) bakal  mengucurkan dana sebesar 1,17 miliar dolar AS atau sekitar Rp17 triliun untuk membantu Pakistan yang saat ini menghadapi kesulitan di tengah bencana banjir sepanjang pekan ini.

Dikutip One India pada Selasa, 30 Agustus 2022, dana tersebut awalnya bagian dari pinjaman bailout pemerintah di bawah pimpinan Perdana Menteri sebelumnya, Imran Khan, pada 2019. Namun, pembayaran terakhir ditunda oleh IMF sampai hari ini, karena Imran tidak dapat memenuhi tuntutan IMF untuk memotong subsidi energi di negaranya.

Saat ini, ekonomi Pakistan sedang dilanda defisit neraca berjalan yang besar serta inflasi yang tinggi. Cadangan devisa Pakistan dikabarkan hanya cukup untuk kegiatan ekspornya selama satu bulan.

Kembalinya kesepakatan pinjaman dana ini datang dari Perdana Menteri Shehbaz Sharif yang telah berhasil memotong sebagian subsidi negara sebagai persyaratan yang diberikan oleh IMF. 

Pemotongan subsidi ini lantas mendapatakan kritik keras dari masyarakat Pakistan dalam beberapa bulan terakhir, karena Shehbaz telah memberlakukan tiga kenaikan harga bahan bakar secara kumulatif berjumlah 50 persen, serta menaikkan biaya listrik.

Dalam sebuah pernyataan, Deputi Direktur Pelaksana IMF Antoinette Sayeh menyambut baik pemotongan dana anggaran negara, ia mengatakan mematuhi kenaikan terjadwal dalam bahan bakar dan energi merupakan hal yang penting, mengingat saat ini Pakistan tengah berada dalam kondisi eksternalnya yang merugikan.

"Ekonomi Pakistan telah diterpa oleh kondisi eksternal yang merugikan, karena dampak dari perang di Ukraina, dan tantangan domestik," ujar Wakil Direktur Pelaksana IMF Antoinette Sayeh.

Sementara itu, kondisi banjir yang telah menewaskan ratusan korban jiwa ini membuat Pakistan berada dalam krisis kemanusiaan serta krisis ekonomi yang kian memburuk. Lampu hijau dari dewan IMF diperkirakan akan dapat membuka jalan bagi pendanaan multilateral dan bilateral lainnya untuk Pakistan.

Untuk itu, atas kembalinya program bantuan dari IMF, Menteri Keuangan Pakistan Miftah Ismail menyampaikan rasa gembiranya dalam cuitan di akun Twitter miliknya.

“Alhamdulillah, Dewan IMF telah menyetujui kebangkitan program EFF kami,” tutur Miftah.

 sinpo

Komentar: