Rusia Hentikan Pasokan Gas ke Prancis

Laporan: Tri Bowo Santoso
Rabu, 31 Agustus 2022 | 14:37 WIB
Perusahaan energi Rusia, Gazprom
Perusahaan energi Rusia, Gazprom

SinPo.id - Perusahaan energi Rusia, Gazprom akan menghentikan  pasokan gas ke kelompok energi industri Prancis Engie pada pekan ini. Penangguhan yang berlaku mulai 1 September itu dilakukan lantaran perselisihan kontrak di tengah kekhawatiran potensi krisis energi di Eropa musim dingin ini.

"Pada penutupan hari kerja pada 30 Agustus, ekspor Gazprom tidak menerima pembayaran penuh untuk gas yang dipasok ke Engie (Prancis) pada Juli lalu berdasarkan kontrak yang ada," ujar Gazprom dalam sebuah pernyataan di saluran Telegram resmi yang dikutip Reuters, Selasa, 30 Agustus 2022.

Hukum Rusia, sambung Gazprom, melarang pemasok gas alam Negara Beruang Merah itu untuk memasok pengiriman gas lebih lanjut ke pembeli asing jika pembayaran belum dilakukan secara penuh oleh pembeli dalam jangka waktu kontrak.

Gazprom menambahkan, pihaknya telah menginformasikan ke Engie tentang penangguhan total pengiriman gas hingga pembayaran penuh untuk gas yang dipasok diterima.

Pengumuman itu datang hanya beberapa jam setelah Gazprom mengatakan akan mengurangi pasokan gasnya ke Prancis.

"Penurunan pasokan karena ketidaksepakatan antara para pihak tentang penerapan kontrak," jelas Engie dalam pernyataan terpisah.
 

 sinpo

Komentar: