Sambut Parliamentary 20, DPR RI Gelar ‘P20 Friendship Ride & Run’

Oleh: Ardi
Senin, 05 September 2022 | 00:30 WIB
Friendship Ride and Run DPR RI di Kompleks Parlemen, Minggu 4 September 2022 (Net)
Friendship Ride and Run DPR RI di Kompleks Parlemen, Minggu 4 September 2022 (Net)

SinPo.id -  Dalam rangka menyambut pelaksanaan Parliamentary 20 (P20), DPR RI menyelenggarakan acara ‘P20 Friendship Ride & Run’.   Kegiatan ini diisi dengan lomba lari sejauh 3 kilometer dan 7,7 km serta sepeda santai dengan jarak 17,7 km. Acara ini juga menjadi bagian dari semangat untuk menyukseskan P20 pada 5-7 Oktober 2022 mendatang.

“Pada hari ini menyambut pelaksanaan kegiatan P20, Acara ‘P20 Friendship Ride & Run’ hari ini menjadi bagian dari semangat untuk mensukseskan pertemuan P20 yang merupakan rangkaian G20 yang akan datang. Dimana kita berharap, masyarakat, Anggota DPR dan semua bisa mensosialisasikan terkait pentingnya acara ‘The 8th G20 Parliamentary Speakers Summit’ yang Insya Allah akan dilaksanakan pada 5 sampai 7 Oktober 2022 di Jakarta,” kata Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar, dalam sambutannya di Kompleks DPR RI, Senayan, seperti dilansir laman dpr.go.id pada Minggu 4 September 2022.

Acara P20 merupakan pertemuan yang akan dihadiri oleh Ketua Parlemen yang terdiri dari seluruh anggota G20 dari berbagai dunia. “Insya Allah akan hadir 34 ketua parlemen termasuk kita harapkan dari Rusia dan Ukraina. Kita juga berharap akan berbagai pertemuan unicameral dan bicameral dalam rangkaian acara itu,” tuturnya.

Dengan mengambil tema ‘Stronger Parliament for Sustainable Recovery’ P20 memiliki beberapa isu prioritas yang selaras dengan pembangunan yang berkelanjutan dan ekonomi hijau, juga tantangan yang terkini yaitu ketahanan pangan dan energi serta tantangan ekonomi. Kemudian beragendakan upaya parlemen, untuk secara efektif memperkuat demokrasi dan untuk tujuan inklusi sosial, kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Isu-isu tersebut selaras dengan agenda dan pembahasan G20 yang mencakup tiga pilar dari pembangunan berkelanjutan yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan.

“Hadirin-hadirin sekalian, suksesnya pertemuan P20 pada bulan oktober nanti, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari agenda pemerintah beserta seluruh masyarakat bangsa Indonesia untuk bisa mensukseskan Indonesia menjadi tuan rumah yang berhasil dalam pelaksanaan G20 dan P20. Oleh karena itu, saya berharap peran serta dari seluruh pihak untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan P20 dalam rangkaian kesuksesan G20,” pungkas Gus Muhamin.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu berharap acara P20 akan berjalan dan dapat membangun citra positif bagi bangsa Indonesia. Serta memberikan sumbangsih bagi Indonesia untuk me-recover keadaan, terutama mengatasi krisis ekonomi pasca Covid-19, dan juga ingin terus memperkokoh, memperkuat, kebijakan luar negeri yang bebas dan aktif bagi upaya penguatan demokrasi dan penghormatan hak asasi manusia. Kesuksesan pelaksanaan P20 nantinya juga dapat menjadi batu loncatan untuk terus memperjuangkan berbagai kepentingan nasional pada level tingkat global.

“Tentunya kita berharap kita mempunyai semangat yang besar untuk mensukseskan acara P20 seperti semangat kita pada hari ini, semangat dengan riang gembira, untuk itu kita songsong P20 dengan dengan penuh kebahagiaan dan kesungguh-sungguhan. Kegiatan ‘P20 Friendship Ride & Run’ ini kita semua juga mendorong agar kita terus bergotong royong untuk mengatasi seluruh keadaan dan menciptakan dunia yang damai sejahtera,” tutup legislator daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur VIII itu

Acara ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Gilang Dhielafararez dan Anggota DPR RI Kamrussamad, Sondang Tiar Debora Tampubolon, Rusda Mahmud, dan Harris Turino. Turut hadir, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar, Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal DPR RI Sumariyandono, Plt Deputi Bidang Persidangan Setjen DPR RI Suprihatini, beserta jajaran pejabat dan staf Setjen DPR RI.sinpo

Komentar: