Rizal Ramli: Oligarchy United Harus Dilawan dengan People United!

Laporan: Tri Bowo Santoso
Sabtu, 10 September 2022 | 03:56 WIB
Tokoh nasional, Rizal Ramli. Foto: Dok. Pribadi
Tokoh nasional, Rizal Ramli. Foto: Dok. Pribadi

SinPo.id - Trias politika dalam sistem politik Indonesia dinilai sudah tidak ada lagi. Pasalnya, eksekutif, legislatif, dan yudikatif sudah dikuasai segelintir pengusaha hitam yang terafiliasi dalam Oligarchy United.

Tokoh nasional, Rizal Ramli, menjelaskan, Oligarchy United itu dibaratkan klub sepak bola yang telah menguasai wasit dan penjaga garis, dalam konteks politik adalah eksekutif, legislatif, dan yudikatif. 

Bahkan, menurut pria yang karib disapa Bang RR itu, faktanya ketiga lembaga tersebut kompak dan seirama, bukan saling mengawasi satu sama lain agar negara benar-benar hadir untuk rakyat.

“Tapi ini Oligarchy United, mengatur Indonesia agar menguntungkan sebagian kecil dari bangsa kita,” ungkap Menko Ekuin era pemerintahan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur tersebut seperti diunggah dalam akun YouTube Bravos Radio Indonesia, Jumat, 9 September 2022.

Untuk menghadapi ini, maka dibutuhkan klub bola baru yang bernama People United. Klub ini berisi rakyat yang bersatu dalam segala macam profesi dan golongan.

“Dengan begitu, maka oligarki bisa dilawan,” tandasnya.

 sinpo

Komentar: