Optimalisasi Perlindungan Data, Peta Jalan Keamanan Siber Sangat Diperlukan

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 13 September 2022 | 14:13 WIB
Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani (SinPo.id/Instagram)
Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani (SinPo.id/Instagram)

SinPo.id - Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani, mengatakan bahwa adanya peta jalan keamanan siber akan membantu optimalisasi perlindungan siber di Indonesia di tengah maraknya fenomena kebocoran data.

Pasalnya, belakangan ini setiap lembaga atau institusi justru malah saling melempar tanggung jawab dalam menanggapi kasus kebocoran daga yang terjadi secara beruntun.

“Secara pribadi kami berulang kali mendorong perlunya peta jalan (roadmap) untuk Keamanan Siber namun sampai saat ini belum terlihat hasilnya,” kata Christina dalam keterangan persnya, Selasa 13 September 2022.

Menurutnya, kasus ini menjadi tugas penting pemerintah yang harus segera diselesaikan, khususnya dengan memperketat pengamanan dan pelindungan data pribadi.

Oleh sebab itu, kata Christina, kejadian berulang peretasan data pribadi, baik yang terjadi pada data masyarakat maupun data pejabat negara menjadi pelecut percepatan pengesahan RUU Pelindungan Data Pribadi (PDP).

"Adanya ketentuan yang jelas mengenai sanksi administrasi atau pidana terhadap pengendali data yang lalai dalam mengelola data masyarakat akan menumbuhkan kepercayaan publik bahwa data mereka dijaga dengan baik,” tutupnya.

 sinpo

Komentar: