KSAD Dudung Maafkan Effendi Simbolon Soal Ucapan TNI Seperti Gerombolan

Laporan: Zikri Maulana
Kamis, 15 September 2022 | 16:34 WIB
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman. Foto: Istimewa
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman. Foto: Istimewa

SinPo.id - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman menyampaikan dirinya beserta para jajaran TNI AD telah memaafkan anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDIP Effendi Simbolon, terkait ucapannya yang menyebut TNI seperti gerombolan. 

"Sebetulnya kemarin pada saat saya di Pekanbaru, saya sudah menyampaikan artinya bahwa permohonan maaf dari Pak Effendi Simbolon bagi kami jajaran TNI Angakatan Darat tentunya memaafkan," ungkap Dudung di Mabes AD, Jakarta Pusat, Kamis 15 September 2022. 

Menurut Dudung, manusia tidak terlepas dari kesalahan, maka dari itu ia menganggap peristiwa tersebut sebagai suatu kekhilafan, dan memastikan pihaknya telah memaafkan hal tersebut. 

"Toh Tuhan Maha Pemaaf, masa manusia tidak memaafkan. Kami jajaran TNI Angkatan Darat memaafkan. Manusia tidak terlepas dari kekhilafan, kesalahan. Ya itulah pada dasarnya manusia tidak sempurna," tuturnya. 

Diketahui sebelumnya, Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Utut Adianto bersama Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Effendi Simbolon menggelar konfrensi pers di Kantor Fraksi PDIP DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 14 September 2022.  

Dalam konfrensi pers Anggota Komisi I DPR, Effendi Simbolon meminta maaf kepada seluruh prajurit TNI. 

"Saya dari lubuk hati yang saya dalam, saya mohon maaf atas apapun perkataan saya yang menyinggung, yang menyakiti, membuat tidak nyaman di hati para prajurit ataupun dari mulai Tamtama, Bintara, sampai dengan perwira. Bahkan sampai para sesepuh," ujar Effendi. 

 sinpo

Komentar: